Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Rabu, 17 Agustus 2016
Tag :, Tag :, Tag :


Dari Wikipedia.
Nintendo GameCube (ニンテンドーゲームキューブ Nintendō Gēmukyūbu?), disingkat secara resmi sebagai NGC di Jepang dan GCN di wilayah pemasaran lain, adalah konsol permainan rumahan Nintendo yang keempat dan menjadi bagian dari konsol permainan generasi keenam. Konsol ini adalah penerus Nintendo 64 dan pendahulu Wii.

GameCube adalah konsol Nintendo pertama yang menggunakan cakram padat sebagai media penyimpanan data utamanya. Berbeda dengan pesaing terdekatnya, PlayStation 2 dan Xbox, GameCube menggunakan cakram DVD mini daripada DVD biasa yang berukuran penuh. Sebagai akibatnya, konsol ini tidak memiliki fungsi untuk memutar DVD atau CD audio seperti yang bisa dilakukan oleh konsol yang menggunakan DVD berukuran penuh.

Sebagai tambahan, Nintendo menyediakan berbagai pilihan sambungan pada GameCube dan menjadi konsol Nintendo keempat setelah Nintendo 64DD, Famicom Modem, dan Satellaview yang secara resmi mendukung permainan secara daring melalui adaptor modem dan jalur lebar yang dijual terpisah. Konsol ini juga memiliki sambungan ke Game Boy Advance untuk mengakses fitur-fitur khusus beberapa permainan video atau menggunakannya sebagai kontroler untuk Game Boy Player.

GameCube dirilis pada tanggal 15 September 2001 di Jepang, 18 November 2001 di Amerika Utara, 3 Mei 2002 di Eropa, dan 17 Mei 2002 di Australia. Konsol ini terjual sebanyak 21,74 juta unit di seluruh belahan dunia. Panasonic juga merilis Panasonic Q, varian GameCube yang juga berfungsi sebagai pemutar DVD, tetapi hanya dijual di Jepang.



Wii adalah konsol permainan video kelima Nintendo yang merupakan penerus Nintendo GameCube. Inovasi utamanya adalah kontroler (joystick) yang merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Pada tahap awal pengembangan, konsol ini diberi nama Revolution.

Konsol ini diperkenalkan dalam Tokyo Game Show 2005 pada 16 September 2005. Konsol ini dirilis pada November 2006 di AS dan Desember di Jepang dan beberapa wilayah lainnya, dan bersaing dengan PlayStation 3 dan Xbox 360.

Berbeda dari Xbox 360 dan PlayStation3, Wii lebih menitik beratkan pada keasyikan bermain dibandingkan tampilan grafik beresolusi tinggi seperti yang dimiliki kedua konsol tersebut. Wiimote merupakan kontroler baru yang unik (yang dilengkapi sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game), bentuknya yang kecil, serta harga yang murah merupakan hal-hal yang menjadi keunggulan konsol ini dibandingkan kedua konsol saingannya.







Wii merupakan konsol game generasi baru dengan harga rilis termurah dibandingkan para pesaingnya. Di Jepang, Wii diluncurkan dengan harga JP¥25.000 sementara di Amerika Serikat seharga $249,99. Kecuali di Jepang, Wii dijual satu paket dengan Wii Sports, sebuah game olah raga (tennis, baseball, bowling, golf, boxing) yang ditujukan untuk memperkenalkan pengguna Wii kepada gaya permainan terbarunya.

Wii mempunyai kompatibilitas lama (backward compatibility) dengan beberapa konsol lama Nintendo dan Sega, termasuk NES, TurboGarfx-16, SNES, Genesis, Nintendo 64 dan GameCube. Kompatibilitas dengan GameCube dicapai dengan diadakannya slot bagi CD berukuran 8 cm seperti yang digunakan GameCube, sementara untuk yang konsol lainnya hal ini diperoleh melalui jasa konsol virtual (Virtual Console) yang merupakan salah satu fitur Wii. Melalui Virtual Console, pengguna Wii dapat membeli dan mengunduh game-game lama dan dimainkan langsung di Wii melalui channel Wii Shop.

Nintendo Gamecube, Wii, Triforce, ketiga platform ini adalah sebuah perangkat untuk dapat memainkan game konsol yang cukup terkenal dan harganya yang cukup mahal. Masing-masing dari game konsol tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang ketiga platform tersebut, Anda bisa mencarinya via Google Search Engine.

Tentang Emulatornya.
situs resmi nya silahkan lihat disini.

Dolphin emulator adalah sebuah aplikasi emulator yang bersifat open-source yang dapat digunakan untuk dapat memainkan berbagai macam jenis permainan game konsol terkenal seperti game Nintendo, Gamecube, Wii, dan Triforce pada PC atau laptop. Emulator ini dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, dan juga sistem operasi Mac OS X dengan syarat memiliki prosesor berbasis Intel (Intel-based). Aplikasi ini adalah sebuah emulator pertama yang berhasil untuk dapat menjalankan berbagai game komersial dari Gamecube dan juga game Wii.

Nama aplikasi Dolphin emulator ini sebenarnya diambil dari salah satu codename dalam Gamecube yaitu DolphinNintendo, Dolphin sendiri adalah proyek berbasis komunitas dengan pengembang yang berasal dari seluruh dunia yang saling bekerja sama mengembangkan aplikasi agar Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan kualitas tinggi, gratis dan juga disertai dengan berbagai fitur yang luar biasa. Kelebihan dari aplikasi Dophin emulator ini sendiri adalah dapat memainkan berbagai macam jenis game dengan ukuran resolusi layar yang cukup besar pada PC maupun laptop milik Anda, sehingga akan sangat terasa nyaman ketika Anda bermain game. Berikut ini adalah kelebihan serta fitur dari aplikasi ini.

Improved graphics
Wii hanya membuat game dengan resolusi layar sebesar 480 pixel. Aplikasi Dolphin ini juga mendukung berbagai jenis ukuran layar dengan resolusi layar sebesar 720 pixel, 1080 pixel serta ukuran dan juga resulusi yang lebih tinggi pada semua Gamecube dan juga pada game Wii Anda. Untuk melihat contoh tampilan resolusi dari aplikasi Dolphin emulator ini, Anda bisa melihatnya dari situs resminya di sini.

Great compatibility
Aplikasi Dolphin ini dapat memainkan sebagian besar koleksi game pada Gamecube dan Wii tanpa masalah. Pada Wii rilis terbaru aplikasi ini juga dapat bekerja serta aplikasi ini mendukung WiiWare dan juga berbagai game Virtual Console.
Mengggunakan favorite controller
Meski Anda bukan penggemar besar dari game kontroler Gamecube dan Wiimote, Anda juga dapat bermain game dengan controller PC favorit Anda, atau bahkan dengan keyboard dan juga mouse yang mendukung Wiimotes, termasuk Wii Motion Plus untuk game yang membutuhkan fitur tersebut.

Gratis dan Open Source
Aplikasi ini dikembangkan oleh sukarelawan dari seluruh dunia dan dibagikan secara gratis. Jika Anda tertarik unuk membantu pengembangan dan juga ingin membantu meningkatkan aplikasi ini Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya, dan fitur utamanya adalah sebagai berikut:
 Gamecube BBA support.
 Gamecube microphone support.
 WBFS support.
 Free replacement for the DSP LLE ROMs.
 Wiimote support on OS X Mountain Lion.
 TAS and recording improvements.
 FreeBSD support.
 UI refinements.
 Wii disc integrity checking.
 Improvements to the custom textures feature.
 Shader cache optimizations.
 A lot of minor emulation fixes.

Configure Controllernya menggunakan USB Joystick 

Configure Nunchuk
Configure Classic Controller

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -