Archive for 2016-08-07

Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Nintendo_DS
- http://anaknakal.top-forum.net/creative-games-f6/all-about-nds-t1190.htm



Nintendo DS (Nintendo Dual Screen), disingkat NDS adalah sebuah konsol game Handheld yang dikembangkan dan diproduksi oleh Nintendo Corp. ltd dan dirilis pada tahun 2004. Bentuknya unik yakni dengan desain lipat horizontalnya, mirip dengan Game Boy Advance SP, dan adanya dua jenis layar di mana layar yang di bawah bekerja sebagai layar sentuh (tounch screen). Di dalamnya juga tertanam sebuah mikrofon dan mendukung standar koneksi wireless 802.11b (Wi-Fi) yang memungkinkan pemain bisa saling berinteraksi dalam jarak dekat (30-100 kaki, tergantung kondisi), melalui servis Nintendo Wi-Fi Connection pada konsol tersebut.

Berbeda seperti game-game konsol Mutakhir sekarang yg mengandalkan Grafis, Handheld ini justru mengandalkan game play yg unik dengan sentuhan stylus dan bahkan juga suara. Game gamenya sendiri sangat variatif dan menghibur. Mungkin ini alasan kenapa NDS bisa jadi handheld nomor 1 di dunia mengalahkan PSP karena target pasarnya sendiri mulai dari anak kecil sampe orang tua pun bisa main.

Berikut adalah spesifikasi dari NDS :


  • Berat : ± 300 Gram
  • Dimensi :148.7 mm x 84.7 mm x 28.9 mm
  • Layar : Dua layar TFT LCD 3 inch, Kedalaman warna 18-bit (262,144 warna) Resolusi 256x192 pixel dimensi 62 mm x 46 mm dan kepadatan pixel 0.24 mm
  • CPU : Dua prosesor ARM, Sebuah prosesor ARM946E-S dan prosesor ARM7TDMI dalam kecepatan 67 MHz dan 33MHz, ARM946E-S memproses gaya bermain dan grafik, ARM7TDMI memproses suara, Wi-Fi, Ketika di permainan Game Boy Advance, ia memproses apa yang prosesor lainnya lakukan
  • RAM : 4MB, Dapat ditambah melalui slot GBA
  • Voltase : Dibutuhkan 1,65 volt
  • Kapasitas Memory Penyimpanan : 256 KB
  • Akses Wi-Fi : Wi-Fi 802.11b
  • Baterai : 850 mAH
  • Battery Life: ± 10 jam
Fitur-fitur NDS :
  • Touchscreen
  • Microphone
  • Wi-Fi yang support WEP, tetapi tidak mendukung WPA
  • GBA backward compatibility
  • Dapat menjalankan homebrew app dengan bantuan flashcart
  • Download play untuk mengirim demo game atau bermain single card multiplayer dengan pengguna DS lain
  • Internal clock and calendar, termasuk alarm
Kelebihan NDS :
Seperti yang sudah diungkapkan di atas. Ia lebih mementingkan gameplay ketimbang grafis, sehingga mampu menciptakan gameplay yang lebih kompleks namun mengurangi memory yang diperlukan. Selain itu gameplay NDS sangat variatif, sehingga game pada NDS dapat dinikmati semua kalangan baik yang masih anak kecil sampai orang tua.

Selain yang di atas karena dilengkapi dengan fitur koneksi Wireless (Wi-Fi) sesama pemain NDS dapat bermain bersama untuk game multiplayer, baik berupa battle, arcade maupun adventure.

Kekurangan NDS :
Dijelaskan juga di atas, bahwa NDS lebih mementingkan gameplay dibanding grafis, sehingga untuk permainan jenis hardcore atau battle strategy akan terasa kurang mengasyikan dikarenakan kartu grafis yg digunakan memorynya lebih kecil dibanding PSP.

Selain itu kelemahannya Wi-Fi NDS tidak mendukung Access point yang memiliki WPA security yang banyak digunakan oleh hotspot sekarang. Juga untuk browsing sangat kurang sekali karena web browsernya sangat buruk karena tidak mendukung Flash Player, Music dan Video.

Emulator untuk nds sangat banyak..
untuk PC yang saya Pakai ada 2 yaitu no$gba dan desmume untuk PC. dan DraStic untuk Android.

No$GBA merupakan singkatan dari No Cash GBA. Dikutip dari web resminya, walaupun kalian tidak memiliki uang tunai (No Cash) kalian tetap dapat menikmati berbagai macam video game Nintendo DS dan Game Boy Advance. Yang kalian butuhkan hanya sebuah PC, Rom NDS atau GBA serta aplikasi No$GBA.

No$GBA juga memiliki keunggulan dibandingkan emulator yang lain seperti stabilnya emulator, kompabilitas terhadap setiap game NDS yang ada dipasaran serta dapat melakukan Zoom (memperbesar) layar emulator NDS saat akan bermain dengan bantuan tools No$Zoomer. Selain itu, homebrew juga dapat berjalan dengan baik di No$GBA. Seakan-akan kalian memiliki sebuah NDS yang sebenarnya namun di dalam sebuah komputer.
Web resmi No$GBA dapat kamu akses disini

Di web tersebut kalian dapat mendownload emulator No$GBA secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun, namun sangat disayangkan emulator yang kita terima tidak dapat langsung memainkan game karena tidak di sertakannya file pendukung seperti firmware dll.

DeSmuME adalah emulator untuk NDS yang lain. Banyak sekali game yg lancar menggunakan emulator ini, sejauh ini.. semua seri Harvest Moon, Pokemon, Digimon, banyak yang lancar Menggunakan emulator ini. ftur yang di miliki pun sama lengkapnya dengan no$gba. bedanya dengan No$GBA, DeSmuME adalah full emulator unuk platform Nintendo DS.
Web resmi DeSmuME dapat kamu akses disini.

Kepengen main game NDS di HH Android kamu , tapi emulator yang ada di play store performa nya rendah ?

DraStic DS Emulator, emulator ini adalah emulator terbaik dari semua emulator yang tersedia saat ini. fitur kompatibilitas permainan yang tinggi, kecepatan yang baik, dan fitur seperti fast forward mode yang baik, berbagai pilihan tampilan, dan dukungan untuk Google Drive. Emulator ini mendapat ranking 4,6 di Play Store dan itu satu-satunya DS emulator yang dinilai lebih dari 4.0. harga USD.5,99 (Rp.70.832) mungkin terdengar mahal tapi dalam hal ini, kamu mendapatkan apa yang telah kamu bayarkan. Jika kamu sedang mencari emulator DS, DraStic adalah emulator terbaik yang ada saat ini.
Web resmi DraStic dapat Kamu akses disini.

Baca Juga : Emulator, Sejarah Nintendo


Sejarah PlayStation 2

Kesuksesan Playstation yang sangat hebat membuat Sony ingin membuat mesin game baru sebagai penerus Playstation generasi pertama. Pada tanggal 2 Maret 1999 Sony mengumumkan akan meluncurkan mesin baru sebagai penerus Playstation generasi awal dan pada tanggal 11 mei 1999 Ken Kutaragi memperkenalkan Playstation 2 pada public id event E3 dan memperkenalkan beberap fitur dari mesin tersebut pada acara ini Playstation 2 hanya untuk diperlihatkan saja.

Pada tanggal 18 februari 2000 Sony mengadakan acara special “Playstation Festival 2000”. Acara ini diadakan Sony untuk memberi kesempatan para pengembang software game untuk memperkenalkan software-software game mereka yang di peruntukkan untuk Playstation 2. Pada acara ini Capcom memperkenalkan Onimusha yang banyak menarik perhatian pengunjung.

Akhirnya pada tanggal 4 Maret 2000 Playstation 2 resmi di luncurkan di Jepang. Pada hari pertama peluncuran banyak took melaporkan sudah kehabisan stok persediaan,bahkan beberapa toko telah membuka penjualan pada dini hari dengan antrian calon pembeli yang sangat panjang dan persediaan habis pada pagi harinya.

Peluncuran pertama Playstation 2 sangat fenomenal di Jepang. Pada keesokan harinya tanggal 5 Maret 2000 dilaporkan Playstation 2 telah terjual sebanyak 980.000 buah dan persediaan nya habis sebanyak lebih dari 500.000 dibeli melalui pemesanan online di situs Sony. Pada akhir maret 2000 sekitar 1,4 juta unit Playstation 2 telah terjual.Peluncuran Playstation 2 yang sukses ternyata tidak sempurna karena beberap hari setelah peluncuran ditemukan bug yg membuat Playstation 2 dapat membypass system proteksi regional DVD yang menyebabkan Sony melakukan recall.

President Sony Computer Entertainment America yaitu Kazuo Hirai mengumumkan rencana peluncuran Playstation 2 di amerika pada tanggal 10 mei 2000. Sony akan mengirimkan Playstation 2 sebanyak 1 juta unit untuk amerika dan sedikit perbedaan disain dengan unit Playstation 2 Jepang.

Harga yang dipersiapkan untuk peluncuran adalah $299 untuk setiap unitnya.Tetapi pada tanggal 20 September 2000 Kazuo Hirai mengumumkan bahwa akibat kesulitan produksi Sony hanya dapat menyediakan 500.000 unit Playstation 2 untuk peluncuran di amerika tetapi menjanjikan bahwa akan datang 100.000 unit perminggu untuk amerika nanti setelah peluncuran.

Akhirnya pada tanggal 26 Oktober 2000 Playstation 2 resmi di luncurkan di amerika.Seperti di jepang persediaan di amerika habis dengan cepat dan menjadi barang yang sangat dicari cari disebutkan di e-bay ada orang yang rela membayar $1.000 untuk 1 unit Playstation 2. Kemudian pada 24 November 2000 resmi di luncurkan di Eropa,seperti di Amerika ketersedian Playstation 2 untuk Eropa juga terbatas tapi tidak mengurangi minat orang untuk memesan lebih dulu.

Tanggal 19 Juni 2001 Sony meluncurkan Network Adapter+Harddisk drive untuk Playstation 2 di Jepang, pada bulan agustus 2002 di Amerika dan pada bulan Juni 2003 di Eropa.Network Adapter memiliki 2 fitur yaitu sebagai modem dan Ethernet port untuk sambungan online via jalur telepon atau jalur internet broadband kecuali untuk versi Eropa yang tidak menyediakan port modem. Dalam peluncuran Network Adapter disertakan juga start up disc yang digunakan untuk menyeting Network Adapter dan menyimpan data seting di memory card.

Pada tanggal 14 mei 2002 Sony memotong harga Playstation 2 menjadi $199 per unit. Pada bulan Juli 2002 Sony Computer Entertainment Eropa merilis satu peripheral yang fenomenal, unik dan memberikan pengalaman bermain yang baru yaitu Eye toy. Alat baru ini terjual lebih dari sejuta unit dan di ikuti pada bulan November 2002 Eye Toy di rilis di Amerika yang mengangkat lagi penjualan Playstation 2.

Harddisk diperkenalkan untuk pasar amerika pada 23 maret 2004. Harddisk ini membutuhkan Network Adapter untuk berkomunikasi dengan Playstation 2. Kegunaan Harddisk ini adalah untuk membantu loading software game agar lebih cepat dengan mengcopy data ke Harddisk dan untuk menyimpan data data yang digunakan pada game online seperti Final Fantasy XI.

Pada bulan September 2004 Sony mengumumkan akan merilis Playstation 2 versi baru yang berbeda dengan Playstation 2 yang telah berbeda dan pada bulan November 2004 dirilis lah PSTwo. Seperti PSOne, PSTwo adalah Playstation 2 dengan bentuk yang lebih kecil. Pada PStwo sudah terintegrasi network adapter sehingga tidak perlu membeli alat tambahan untuk bermain online game tapi juga hilangnya drive bay unruk

harddisk sehingga ada software2 game yang tidak dapat dimainkan di PSTwo karena membutuhkan harddisk untuk online.Sampai akhirnya Playstation 2 dihentikan produksinya dan digantikan oleh PSTwo sampai sekarang.

Sony juga memproduksi satu varian dari Playstation2 yang disebut PSX.Mesin ini adalah gabungan dari mesin media center dan Playstation 2.PSX hanya dijual di Jepang saja.Sony juga mengeluarkan Linux Kit yang digunakan untuk membuat Playstation 2 berfungsi sebagai Personal Computer berbasis Linux.

Lanjut Emulatornya.. hahaha PCSX2 ya kawan2.....
Cara menginstal (Windows Only):
  • Buka file pcsx2-1.4.0-setup.exe, kemudian akan muncul seperti di bawah. Pilih file yang akan diinstal.

PS2, emulator, game PS2
  • Kemudian kalian akan diminta untuk mencari tempat untuk menginstal PCSX2 tersebut.

PS2, emulator, game PS2
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.

PS2, emulator, game PS2


  • Buka PCSX2 yang sudah kalian instal sebelumnya. Lalu akan muncul pengaturan emulator untuk pertama kalinya. Yang pertama kalian akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan.

PS2, emulator, game PS2
  • Kemudian kalian akan diminta untuk mengatur plugin yang digunakan (jika tidak ingin repot, gunakan setelan default)
PS2, emulator, game PS2
  • Yang terakhir, kalian akan diminta untuk memasukkan file BIOS yang digunakan untuk emulator PCSX2. Pilih salah 1 saja (link download BIOS ada di atas).
PS2, emulator, game PS2
  • Selesai. Kalian sudah bisa memainkan game PS2 di PC kesayangan kalian. Untuk memasukkan game, silakan klik System > Boot CDVD (fast).
PS2, emulator, game PS2
PS2, emulator, game PS2

Sebelum kalian menggunakan emulator PCSX2, pastikan kalian telah melihat spesifikasi di bawah ini.

Minimum:
  • Windows 2000 or newer/Linux OS
  • CPU that supports SSE2 (Pentium 4 and up, Athlon64 and up)
  • GPU that supports Pixel Shaders 2.0
  • 512MB RAM 
Recommended:
  • Windows Vista / Windows 7 32bit/64bit
  • CPU: Intel Core 2 Duo @ 3.2ghz or better
  • GPU: 8600gt or better
  • 1GB RAM (2GB if on Vista / Windows 7)
 Download Emulatornya di PCSX2
Baca juga tentang : Emulator
Harvest Moon Hero of Leaf Valley sebenarnya adalah remake dari Harvest Moon Save the Homeland. Tetapi, kesalahan fatal Marvelous Entertainment yang tidak memberikan fitur menikah sehingga Harvest Moon Save the Homeland kurang populer bagi pencinta Harvest moon. Tidak hanya fitur menikah, tetapi juga penambahan map dan karakter.

 
Harvest Moon Hero of Leaf Valley


Innocent Life benar-benar berbeda dari Harvest Moon yang lain. Melanggar hampir semua peraturan bahwa Harvest Moon itu selalu menceritakan seorang pemuda, latar yang sederhana, dan lain-lain. Innocent Life bersetting di zaman modern, di mana pada masa itu hampir semua teknologi dibuat secara modern. Tetapi itulah permasalahannya. Sprite Api marah karena manusia sudah lupa akan alam dan kelam akan teknologi. Akhirnya ia memberikan sebuah kutukan pada manusia yang menyebabkan gunung berapi akan meletus dan akan menghancurkan seisi pulau tersebut dalam satu atau dua tahun.

Innocent Life A Futuristic Harvest Moon
Sayangnnya tak seorangpun yang bisa dan berani membuka segel kutukan itu di sebuah pulau kuno. Disaat yang sama, Dr. Hope menciptakan sebuah android (kamu) yang bertujuan untuk mempelajari kehidupan manusia, bercocok tanam dan beternak dan lain-lain. Tujuan utama Dr. Hope adalah agar kamu bisa menyelamatkan pulau Heartflame dengan membuka segel kutukan itu.

Innocent Life A Futuristic Harvest Moon Special Edition
Harvest Moon: Save the Homeland, dirilis oleh Natsume pada tahun 2001, adalah sebuah game yang bertema perkebunan, merupakan salah satu seri dari Harvest Moon. Ini adalah permainan Harvest Moon pertama yang dirilis untuk konsol Playstation 2.

Harvest Moon: Save the Homeland
Harvest Moon - Save The Homeland cover art.jpg
Pengembang Victor Interactive Software
Penerbit Natsume Co., Ltd
Sistem Operasi PlayStation 2
Tanggal rilis JPN July 5, 2001
NA November 20, 2001
Genre Simulasi/Role-playing
Mode Single player
Rating ESRB: E (Everyone)


Sejak di rilisnya Harvest Moon a Wonderful Life, mendapat sambutan baik bagi para Harvest Moon Lovers. Terutama, ketika dirilis di PS2. Game ini mengambil latar di suatu desa yang bernama Forget-Me-Not Valley, sebuah desa kecil yang damai. Ceritanya, dulu sebelum para penduduk tinggal di sana, Ayahmu dan Takakura adalah seorang pengembara dan bermimpi untuk menjalankan sebuah tanah pertanian bersama yang kemudian menemukan Forget-Me-Not Valley. Sayangnya, tidak lama ayahmu meninggal dan membuat kebun itu terlantar.

Harvest Moon A Wonderful Life


Sebelum Membahas Game-game keren dari Gameboy, Ada bagusnya kamu tau dulu sejarah dari Gameboy ini.
Gameboy adalah console game handheld (artinya bisa digenggam ma tangan)ato game portable yang dikembangkan, diproduksi dan dipasarkan oleh Nintendo Jepang. Awalnya dipasarkan pada tahun 1989 sampai dengan peluncuran generasi terakhirnya dirilis tahun 2005. Gameboy merupakan game handheld terlaris di dunia dibandingkan kompetitornya yang sejenis. Yuk kita bahas Gameboy dari generasi awal sampai akhir.

GAMEBOY, THE ORIGINAL (1989)
Diluncurkan di Jepang 21 April 1989 dengan harga US$.89 atau dengan kurs sekarang sekitar Rp 800.000 an, merupakan penyempurnaan dari game handheld tahun 80'an Game & Watch digabungkan dengan game console NES (terkenal dengan sebutan Nintendo di Indonesia), meskipun tampilan layarnya masih hitam putih.
Penjualan console handheld ini sangat sukses di dunia, terjual sebanyak US$ 118 juta unit diseluruh dunia.
Pada tanggal 3 September 1996, Nintendo mengeluarkan model lain masih dengan layar hitam putih yaitu Gameboy Pocket, dan pada tanggal 14 April 1998 mengeluarkan model Gameboy Light, yang hanya released di Jepang.


GAMEBOY POCKET (1996)
Di released pada tahun 1996 Game Boy pocket spesifikasinya sama dengan Game Boy original, tetapi bentuknya lebih kecil, lebih ringan dan batereinya lebih tahan lama.
Dengan memakai 2 baterei tipe AAA, lebih sedikit dari yang original ( 3 baterei tipe AA ) dapat dimainkan kurang lebih 10 jam waktu main. Bisa dikatakan Game pocket adalah "redesign" dari Game boy Original.





GAMEBOY LIGHT (1998)
Di released pada tanggal 14 april 1998,dengan spesifikasi tambahan berupa cahaya yang dapat bersinar di layarnya, yang berguna untuk bermain di bawah sinar yang redup atau gelap tanpa memerlukan bantuan dari cahaya luar yang dinamakan "Electroluminescent backlight". Memakai 2 batere tipe AA, yang cukup untuk memainkan 20 jam nonstop.






GAMEBOY COLOR (1998)
Di released pada tanggal 21 Oktober 1998,adalah jawaban dari developer atas keinginan "pasar" game untuk membuat konsol genggam yang canggih, akhirnya dengan tampilan layar berwarna membuat perubahan yang signifikan terhadap tampilan Game boy itu sendiri. Bentuknya lebih kecil daripada Game boy Original, tetapi lebih besar dan panjang daripada Game Boy Pocket. Kemunculan Game Boy Color ini mengungguli penjualan kompetitor game handheld layar berwarna lainnya seperti SEGA GameGear dan Atari Lynx.




GAMEBOY ADVANCED (2001)
Di released tanggal 21 Maret 2001, Game Boy Advanced, membawa konsol handheld ke level yang lebih tinggi, dengan processor 32bit naik 2 tingkat dari Game Boy sebelumnya yang hanya 8-bit. Dengan tersedianya ribuan game dengan berbagai judul dan genre membuat Game Boy menjadi konsole handheld no 1 pada saat itu, bahkan sampai sekarang, ditengah munculnya berbagai konsole yang lebih canggih, Game Boy Advanced tetap memiliki penggemar.

GAMEBOY ADVANCED SP
Di released 6 Januari 2003, adalah versi terbaru dari Game Boy Advanced, dengan bentuk yang lebih compact, menyerupai bedak untuk wanita yang bisa dilipat, Sp adalah singkatan dari special, GBA SP ini mempunyai fitur rechargeable battery ( baterei yang bisa di charge ), sehingga tidak perlu membeli baterei lagi, selain dari perubahan baterei fitur engine dan yang lainnya masih sama dengan GameBoy Advanced versi sebelumnya. Game yang dapat dimainkan kompatibel dengan seluruh game yang pernah direleased untuk Game boy.





GAMEBOY MICRO (2005)
Di released pada tanggal 1 September 2005, ini adalah Game Boy terkecil yang pernah dibuat, bahkan terkecil dari seluruh game handheld di dunia. Dengan lebar hanya 4 inchi dan tingg1 2 inchi
membuat konsol ini dapat digenggam oleh tangan. Meskipun bentuknya mini tapi kemampuannya sama dengan Game Boy Advanced versi sebelumnya, bahkan gadget ini ditambahkan fitur pengaturan cahaya, besarnya intensitas cahaya untuk menerangi layarnya. Konsol ini hanya kompatibel dengan game dari Game boy Advanced saja, tidak dengan Game Boy original dan Game Boy color.Tapi bentuknya yang sangat kecil tapi pemakai masih nyaman menggunakannya merupakan teknologi yang revolusioner sampai saat ini.

Tentang Emulator PC: Visual Boy Advance
karena menurut saya sampai sekarang inilah emulator paling stabil dan terbaik sampai saat ini.




Bagi yang ingin mencoba memainkan game GB, GBC, dan GBA namun tidak memiliki Perangkat Konsol gamenya, tidak ada salahnya mencoba Emulator Game ini.Bahkan dengan menggunakan emulator ini, kualitas gambar dan soundnya menjadi lebih bagus.Softwarenya juga ringan dan tidak memakan banyak RAM.Berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan Visual Boy Advance :

Visual Boy Advance 1.7.2 Emulator Game GBA Untuk PC


  • Ringan, file softwarenya hanya sekitar 1 MB
  • Bersifat Portable, tidak perlu melakukan instalasi dan hanya tinggal membukanya saja
  • Bisa memainkan game GB, GBA, dan GBC
  • Bisa dengan bebas mengatur Control Game Setting
  • Bisa mengatur Graphic Setting dan Screen
  • Bisa memasukkan Cheat
  • Bisa recording video game dalam berbagai format dengan kualitas yang bagus
  • Setting Color secara bebas
  • Control bisa menggunakan KeyBoard atau Joystick
  • Bisa dengan mudah membuka game GBA 
  • Dan beberapa keunggulan lain
Untuk Softwarenya Bisa download di emuparedise.

Lalu Emulator Untuk Android.
GB dan GBC terpisah Dengan GBA, meski begitu.. Developer nya tetap sama.
Setahu saya. My Oldboy! dan My Boy! adalah emulator untuk Gameboy  yang paling komplit fiturnya di Android.
My Oldboy! di gunakan untuk Rom game berekstensi GB dan GBC, sedangkan GBA menggunakan My Boy! emulator. aplikasi ini Tidak gratis.. maka dari itu Link dibawah akan menuju Google Play:
My Boy!
My Oldboy!

Emulator Untuk Symbian.
haha... emulator android aja di pentalin ke google play apalagi symbian.
disebut karena membawa kenangan sendiri
berikut adalah emulator untuk Symbian:
Vbag : untuk Game Boy Advance
Vboy : untuk Game Boy dan Game Boy Color
Vsun : untuk Super NES
Vnes : untuk NES
Semua berasal dari wap.vampent.com hanya sekarang sudah down.

Baca juga : Emulator 



Super Nintendo Entertainment System, juga dikenal sebagai Super Nintendo, Super NES atau SNES, adalah 16-bit video game konsol yang dirilis oleh Nintendo di Amerika Utara, Brasil, Eropa, dan Australia. Di Jepang, ia dikenal sebagai Super Famicom. Di Korea Selatan, Super Nintendo dibagikan sebagai Super COMBOY oleh Hyundai Electronics. Tidak seperti Hyundai COMBOY, yang merupakan nama Amerika NES, Super COMBOY adalah model Jepang / Eropa diubah namanya.

Super Nintendo Entertainment System adalah video game konsol rumah kedua yang dirilis oleh Nintendo internasional. Penerus Nintendo Entertainment System, Sistem Hiburan Super Nintendo Feature grafis, merek pengendali baru, suara yang lebih baik dan lebih banyak fitur yang disempurnakan. Meskipun tidak berhasil seperti Nintendo Entertainment System sebelum, SNES masih terbukti pesaing yang tangguh di era 16-bit, mengklaim tempat kedua di belakang Sega Genesis (Mega Drive di Eropa dan Jepang) awalnya, dan jauh melebihi NEC TurboGrafx-16 .

Kemudian, karena kemampuan teknologi yang lebih tinggi, SNES berhasil menahan itu tanah selama era 32-Bit, sedangkan Sega dan NEC telah putus sebelumnya. keberhasilan keseluruhan Nintendo selama kedua generasi dapat dikaitkan sebagian fakta bahwa Sega meninggalkan pasar 16-bit awal mendukung pasar 32-bit.

Super Nintendo Entertainment System adalah tuan rumah untuk berbagai video game klasik, termasuk judul seperti Super Mario World, Super Metroid, Final Fantasy VI, Chrono Trigger, Donkey Kong Country, Street Fighter II, The Legend of Zelda: A Link to the Past, Star Fox, F-Zero dan super Mario Kart. Judul-judul ini terjual jutaan kopi dan akan membantu SNES sebagai pemimpin dari generasi keempat. pihak ketiga seperti Square, Enix dan Capcom akan membantu dalam keberhasilan besar dari konsol.

Super Nintendo Entertainment System pertama kali dirilis di Jepang dengan nama Super Famicom (Nintendo Entertainment System bernama Famicom di Jepang) pada 21 November 1990. Dalam sedikit lebih dari setengah tahun, sistem ini dirilis di Amerika Utara pada bulan Agustus dari tahun 1991 dan di Eropa dan Australia pada tahun 1992. Nintendo akhirnya akan memproduksi sistem SNES dengan casing yang berbeda dan label mereka dengan nama-nama baru seperti super Famicom Jr dan SNS-101. Sistem baru tidak menawarkan sesuatu yang baru untuk pengalaman gaming, meskipun dimaksudkan untuk memicu minat pada sistem sekali lagi lama setelah pengiriman awal.

Sekarang jika ingin membeli konsol aslinya tentu amatlah sulit.. hanya kolektor saja mungkin yang masih punya. tetapi jangan khawatir. karena ada banyak macam emulator untuk snes di berbagai platform.
Pengembangan oleh ZSNES-tim (zsKnight, _Demo_, pagefault, dan Nach) dimulai pada tanggal 3 Juli 1997 dan versi pertama dirilis pada tanggal 14 Oktober 1997, untuk MS-DOS. Sejak itu, pelabuhan resmi telah dibuat untuk Windows dan Linux. Emulator menjadi perangkat lunak bebas di bawah lisensi GPL pada 2 April 2001.

ZSNES sendiri adalah perangkat lunak bebas SNES emulator kebanyakan ditulis dalam x86 assembly dengan port resmi untuk Linux , MS-DOS , Mac OS X , Windows , dan port resmi untuk Xbox .

Namun, pengembang dan pendukung emulator yang menjadi pesaing sering mengkritik ZSNES untuk akurasi yang relatif miskin dan yang ditulis dalam perakitan x86, yang berarti non-portabilitas beberapa arsitektur prosesor dan kesulitan tinggi untuk mengembangkan dan memeliharanya.

Pengembangan Snes9x dimulai pada bulan Juli 1997 ketika Snes96 Gary Henderson dan Snes97 Jerremy Koot bergabung untuk menciptakan Snes9x. Sejak itu, Snes9x telah resmi porting ke platform lebih dari emulator lainnya. Emulator ini bukan perangkat lunak bebas karena merupakan pelanggaran terhadap lisensi untuk menjual Snes9x. Hal ini masih aktif dikembangkan meskipun kepergian pengembang aslinya. Meskipun source code Snes9x tersedia untuk umum, lisensi Snes9x melarang penggunaan komersial.

Snes9x adalah di antara yang pertama untuk meniru sebagian besar peningkatan chip SNES pada tingkat tertentu. Itu juga emulator SNES pertama yang menawarkan output suara.

Pada tahun 2005 majalah Retro Gamer menyebutkan bahwa Snes9x adalah emulator terbaik dikelasnya yang tersedia.

Baca Juga : 

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -