Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Sabtu, 13 Agustus 2016


Sejarah PlayStation 2

Kesuksesan Playstation yang sangat hebat membuat Sony ingin membuat mesin game baru sebagai penerus Playstation generasi pertama. Pada tanggal 2 Maret 1999 Sony mengumumkan akan meluncurkan mesin baru sebagai penerus Playstation generasi awal dan pada tanggal 11 mei 1999 Ken Kutaragi memperkenalkan Playstation 2 pada public id event E3 dan memperkenalkan beberap fitur dari mesin tersebut pada acara ini Playstation 2 hanya untuk diperlihatkan saja.

Pada tanggal 18 februari 2000 Sony mengadakan acara special “Playstation Festival 2000”. Acara ini diadakan Sony untuk memberi kesempatan para pengembang software game untuk memperkenalkan software-software game mereka yang di peruntukkan untuk Playstation 2. Pada acara ini Capcom memperkenalkan Onimusha yang banyak menarik perhatian pengunjung.

Akhirnya pada tanggal 4 Maret 2000 Playstation 2 resmi di luncurkan di Jepang. Pada hari pertama peluncuran banyak took melaporkan sudah kehabisan stok persediaan,bahkan beberapa toko telah membuka penjualan pada dini hari dengan antrian calon pembeli yang sangat panjang dan persediaan habis pada pagi harinya.

Peluncuran pertama Playstation 2 sangat fenomenal di Jepang. Pada keesokan harinya tanggal 5 Maret 2000 dilaporkan Playstation 2 telah terjual sebanyak 980.000 buah dan persediaan nya habis sebanyak lebih dari 500.000 dibeli melalui pemesanan online di situs Sony. Pada akhir maret 2000 sekitar 1,4 juta unit Playstation 2 telah terjual.Peluncuran Playstation 2 yang sukses ternyata tidak sempurna karena beberap hari setelah peluncuran ditemukan bug yg membuat Playstation 2 dapat membypass system proteksi regional DVD yang menyebabkan Sony melakukan recall.

President Sony Computer Entertainment America yaitu Kazuo Hirai mengumumkan rencana peluncuran Playstation 2 di amerika pada tanggal 10 mei 2000. Sony akan mengirimkan Playstation 2 sebanyak 1 juta unit untuk amerika dan sedikit perbedaan disain dengan unit Playstation 2 Jepang.

Harga yang dipersiapkan untuk peluncuran adalah $299 untuk setiap unitnya.Tetapi pada tanggal 20 September 2000 Kazuo Hirai mengumumkan bahwa akibat kesulitan produksi Sony hanya dapat menyediakan 500.000 unit Playstation 2 untuk peluncuran di amerika tetapi menjanjikan bahwa akan datang 100.000 unit perminggu untuk amerika nanti setelah peluncuran.

Akhirnya pada tanggal 26 Oktober 2000 Playstation 2 resmi di luncurkan di amerika.Seperti di jepang persediaan di amerika habis dengan cepat dan menjadi barang yang sangat dicari cari disebutkan di e-bay ada orang yang rela membayar $1.000 untuk 1 unit Playstation 2. Kemudian pada 24 November 2000 resmi di luncurkan di Eropa,seperti di Amerika ketersedian Playstation 2 untuk Eropa juga terbatas tapi tidak mengurangi minat orang untuk memesan lebih dulu.

Tanggal 19 Juni 2001 Sony meluncurkan Network Adapter+Harddisk drive untuk Playstation 2 di Jepang, pada bulan agustus 2002 di Amerika dan pada bulan Juni 2003 di Eropa.Network Adapter memiliki 2 fitur yaitu sebagai modem dan Ethernet port untuk sambungan online via jalur telepon atau jalur internet broadband kecuali untuk versi Eropa yang tidak menyediakan port modem. Dalam peluncuran Network Adapter disertakan juga start up disc yang digunakan untuk menyeting Network Adapter dan menyimpan data seting di memory card.

Pada tanggal 14 mei 2002 Sony memotong harga Playstation 2 menjadi $199 per unit. Pada bulan Juli 2002 Sony Computer Entertainment Eropa merilis satu peripheral yang fenomenal, unik dan memberikan pengalaman bermain yang baru yaitu Eye toy. Alat baru ini terjual lebih dari sejuta unit dan di ikuti pada bulan November 2002 Eye Toy di rilis di Amerika yang mengangkat lagi penjualan Playstation 2.

Harddisk diperkenalkan untuk pasar amerika pada 23 maret 2004. Harddisk ini membutuhkan Network Adapter untuk berkomunikasi dengan Playstation 2. Kegunaan Harddisk ini adalah untuk membantu loading software game agar lebih cepat dengan mengcopy data ke Harddisk dan untuk menyimpan data data yang digunakan pada game online seperti Final Fantasy XI.

Pada bulan September 2004 Sony mengumumkan akan merilis Playstation 2 versi baru yang berbeda dengan Playstation 2 yang telah berbeda dan pada bulan November 2004 dirilis lah PSTwo. Seperti PSOne, PSTwo adalah Playstation 2 dengan bentuk yang lebih kecil. Pada PStwo sudah terintegrasi network adapter sehingga tidak perlu membeli alat tambahan untuk bermain online game tapi juga hilangnya drive bay unruk

harddisk sehingga ada software2 game yang tidak dapat dimainkan di PSTwo karena membutuhkan harddisk untuk online.Sampai akhirnya Playstation 2 dihentikan produksinya dan digantikan oleh PSTwo sampai sekarang.

Sony juga memproduksi satu varian dari Playstation2 yang disebut PSX.Mesin ini adalah gabungan dari mesin media center dan Playstation 2.PSX hanya dijual di Jepang saja.Sony juga mengeluarkan Linux Kit yang digunakan untuk membuat Playstation 2 berfungsi sebagai Personal Computer berbasis Linux.

Lanjut Emulatornya.. hahaha PCSX2 ya kawan2.....
Cara menginstal (Windows Only):
  • Buka file pcsx2-1.4.0-setup.exe, kemudian akan muncul seperti di bawah. Pilih file yang akan diinstal.

PS2, emulator, game PS2
  • Kemudian kalian akan diminta untuk mencari tempat untuk menginstal PCSX2 tersebut.

PS2, emulator, game PS2
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.

PS2, emulator, game PS2


  • Buka PCSX2 yang sudah kalian instal sebelumnya. Lalu akan muncul pengaturan emulator untuk pertama kalinya. Yang pertama kalian akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan.

PS2, emulator, game PS2
  • Kemudian kalian akan diminta untuk mengatur plugin yang digunakan (jika tidak ingin repot, gunakan setelan default)
PS2, emulator, game PS2
  • Yang terakhir, kalian akan diminta untuk memasukkan file BIOS yang digunakan untuk emulator PCSX2. Pilih salah 1 saja (link download BIOS ada di atas).
PS2, emulator, game PS2
  • Selesai. Kalian sudah bisa memainkan game PS2 di PC kesayangan kalian. Untuk memasukkan game, silakan klik System > Boot CDVD (fast).
PS2, emulator, game PS2
PS2, emulator, game PS2

Sebelum kalian menggunakan emulator PCSX2, pastikan kalian telah melihat spesifikasi di bawah ini.

Minimum:
  • Windows 2000 or newer/Linux OS
  • CPU that supports SSE2 (Pentium 4 and up, Athlon64 and up)
  • GPU that supports Pixel Shaders 2.0
  • 512MB RAM 
Recommended:
  • Windows Vista / Windows 7 32bit/64bit
  • CPU: Intel Core 2 Duo @ 3.2ghz or better
  • GPU: 8600gt or better
  • 1GB RAM (2GB if on Vista / Windows 7)
 Download Emulatornya di PCSX2
Baca juga tentang : Emulator

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -