Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Sabtu, 13 Agustus 2016

Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Nintendo_DS
- http://anaknakal.top-forum.net/creative-games-f6/all-about-nds-t1190.htm



Nintendo DS (Nintendo Dual Screen), disingkat NDS adalah sebuah konsol game Handheld yang dikembangkan dan diproduksi oleh Nintendo Corp. ltd dan dirilis pada tahun 2004. Bentuknya unik yakni dengan desain lipat horizontalnya, mirip dengan Game Boy Advance SP, dan adanya dua jenis layar di mana layar yang di bawah bekerja sebagai layar sentuh (tounch screen). Di dalamnya juga tertanam sebuah mikrofon dan mendukung standar koneksi wireless 802.11b (Wi-Fi) yang memungkinkan pemain bisa saling berinteraksi dalam jarak dekat (30-100 kaki, tergantung kondisi), melalui servis Nintendo Wi-Fi Connection pada konsol tersebut.

Berbeda seperti game-game konsol Mutakhir sekarang yg mengandalkan Grafis, Handheld ini justru mengandalkan game play yg unik dengan sentuhan stylus dan bahkan juga suara. Game gamenya sendiri sangat variatif dan menghibur. Mungkin ini alasan kenapa NDS bisa jadi handheld nomor 1 di dunia mengalahkan PSP karena target pasarnya sendiri mulai dari anak kecil sampe orang tua pun bisa main.


Berikut adalah spesifikasi dari NDS :


  • Berat : ± 300 Gram
  • Dimensi :148.7 mm x 84.7 mm x 28.9 mm
  • Layar : Dua layar TFT LCD 3 inch, Kedalaman warna 18-bit (262,144 warna) Resolusi 256x192 pixel dimensi 62 mm x 46 mm dan kepadatan pixel 0.24 mm
  • CPU : Dua prosesor ARM, Sebuah prosesor ARM946E-S dan prosesor ARM7TDMI dalam kecepatan 67 MHz dan 33MHz, ARM946E-S memproses gaya bermain dan grafik, ARM7TDMI memproses suara, Wi-Fi, Ketika di permainan Game Boy Advance, ia memproses apa yang prosesor lainnya lakukan
  • RAM : 4MB, Dapat ditambah melalui slot GBA
  • Voltase : Dibutuhkan 1,65 volt
  • Kapasitas Memory Penyimpanan : 256 KB
  • Akses Wi-Fi : Wi-Fi 802.11b
  • Baterai : 850 mAH
  • Battery Life: ± 10 jam
Fitur-fitur NDS :
  • Touchscreen
  • Microphone
  • Wi-Fi yang support WEP, tetapi tidak mendukung WPA
  • GBA backward compatibility
  • Dapat menjalankan homebrew app dengan bantuan flashcart
  • Download play untuk mengirim demo game atau bermain single card multiplayer dengan pengguna DS lain
  • Internal clock and calendar, termasuk alarm
Kelebihan NDS :
Seperti yang sudah diungkapkan di atas. Ia lebih mementingkan gameplay ketimbang grafis, sehingga mampu menciptakan gameplay yang lebih kompleks namun mengurangi memory yang diperlukan. Selain itu gameplay NDS sangat variatif, sehingga game pada NDS dapat dinikmati semua kalangan baik yang masih anak kecil sampai orang tua.

Selain yang di atas karena dilengkapi dengan fitur koneksi Wireless (Wi-Fi) sesama pemain NDS dapat bermain bersama untuk game multiplayer, baik berupa battle, arcade maupun adventure.

Kekurangan NDS :
Dijelaskan juga di atas, bahwa NDS lebih mementingkan gameplay dibanding grafis, sehingga untuk permainan jenis hardcore atau battle strategy akan terasa kurang mengasyikan dikarenakan kartu grafis yg digunakan memorynya lebih kecil dibanding PSP.

Selain itu kelemahannya Wi-Fi NDS tidak mendukung Access point yang memiliki WPA security yang banyak digunakan oleh hotspot sekarang. Juga untuk browsing sangat kurang sekali karena web browsernya sangat buruk karena tidak mendukung Flash Player, Music dan Video.

Emulator untuk nds sangat banyak..
untuk PC yang saya Pakai ada 2 yaitu no$gba dan desmume untuk PC. dan DraStic untuk Android.

No$GBA merupakan singkatan dari No Cash GBA. Dikutip dari web resminya, walaupun kalian tidak memiliki uang tunai (No Cash) kalian tetap dapat menikmati berbagai macam video game Nintendo DS dan Game Boy Advance. Yang kalian butuhkan hanya sebuah PC, Rom NDS atau GBA serta aplikasi No$GBA.

No$GBA juga memiliki keunggulan dibandingkan emulator yang lain seperti stabilnya emulator, kompabilitas terhadap setiap game NDS yang ada dipasaran serta dapat melakukan Zoom (memperbesar) layar emulator NDS saat akan bermain dengan bantuan tools No$Zoomer. Selain itu, homebrew juga dapat berjalan dengan baik di No$GBA. Seakan-akan kalian memiliki sebuah NDS yang sebenarnya namun di dalam sebuah komputer.
Web resmi No$GBA dapat kamu akses disini

Di web tersebut kalian dapat mendownload emulator No$GBA secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun, namun sangat disayangkan emulator yang kita terima tidak dapat langsung memainkan game karena tidak di sertakannya file pendukung seperti firmware dll.

DeSmuME adalah emulator untuk NDS yang lain. Banyak sekali game yg lancar menggunakan emulator ini, sejauh ini.. semua seri Harvest Moon, Pokemon, Digimon, banyak yang lancar Menggunakan emulator ini. ftur yang di miliki pun sama lengkapnya dengan no$gba. bedanya dengan No$GBA, DeSmuME adalah full emulator unuk platform Nintendo DS.
Web resmi DeSmuME dapat kamu akses disini.

Kepengen main game NDS di HH Android kamu , tapi emulator yang ada di play store performa nya rendah ?

DraStic DS Emulator, emulator ini adalah emulator terbaik dari semua emulator yang tersedia saat ini. fitur kompatibilitas permainan yang tinggi, kecepatan yang baik, dan fitur seperti fast forward mode yang baik, berbagai pilihan tampilan, dan dukungan untuk Google Drive. Emulator ini mendapat ranking 4,6 di Play Store dan itu satu-satunya DS emulator yang dinilai lebih dari 4.0. harga USD.5,99 (Rp.70.832) mungkin terdengar mahal tapi dalam hal ini, kamu mendapatkan apa yang telah kamu bayarkan. Jika kamu sedang mencari emulator DS, DraStic adalah emulator terbaik yang ada saat ini.
Web resmi DraStic dapat Kamu akses disini.

Baca Juga : Emulator, Sejarah Nintendo

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -