Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Jumat, 12 Agustus 2016
Tag :, Tag :


Semuanya dimulai pada tahun 1988, salah satu perusahaan gaming tengah duduk di puncak kesuksesan untuk pasar video game rumah yakni Nintendo. 8-bit Nintendo Entertainment System (NES) telah menguasai pasar selama bertahun-tahun, dan tetap unggul meskipun menghadapi pesaing dari Sega dan Atari. Dan dengan Super NES pada tahun 1990, nampak Nintendo sangat mustahil untuk digulingkan. Namun berbeda pada saat Sony mulai menjajah pasar dengan Sony PlayStation; faktanya, Sony merupakan mitra dari Nintendo sebelumnya.
Dengan pisahnya Sony dengan Nintendo, putus pula hubungan kerjasama di antara keduanya, dan keduanya mulai bersaing dengan game konsolnya masing-masing. Namun pasar berkata lain, ketika Sony menjadi raja game konsol hingga saat ini. Dan pada ulasan kali ini, tentang sejarah PlayStation dari versi pertama hingga terakhir yang saat ini sedang hangat diperbincangkan.

PlayStation
Setelah pisah dengan Nintendo, Sony mengalami beberapa kejadian: Sony bekerja sama dengan Philips untuk membuat game DVD pertama. Sony hampir mencapai kesepakatan untuk bekerja dengan Sega, namun ternyata harus mengulang kerja sama kembali dengan Nintendo. Dan Sony tidak pernah memproduksi lebih dari sekitar 200 konsol Play Station yang mana pada masa itu merupakan hasil formasi dari Sony Computer Entertainment (SCE) di Jepang pada bulan November 1993 dan Sony Computer Entertainment of America (SCEA) pada Mei 1994.


Pada saat itu era yang disebut generasi game konsol kelima telah tiba. Dimana telah hadir perangkat yang mampu mendukung file 32-bit, perangkat yang memiliki CD-ROM pada saat itu adalah 3D0 Atari dan Jaguar di tahun 1993. Akhirnya, para eksekutif Sony memberi lampu hijau untuk membangun penuh mesin PlayStation.
Di tahun 1994, mungkin menjadi titik balik terbesar ketika SCE memamerkan kemungkinan terciptanya permainan 3D dengan beberapa mitra yang berpotensial, seperti Electronic Arts dan Namco.

Persaingan yang sesungguhnya dimulai kemudian pada tahun 1994 ketika Sega Saturn dan Sony PlayStation memulai debutnya di Jepang dalam beberapa minggu. PlayStation tidak berhasil menembus pasar Amerika Utara hingga tahun berikutnya pada saat itu.
Namun tak lama, divisi SCE menjadi divisi yang paling sukses dari seluruh divisi Sony. Penjualan PlayStation di seluruh dunia dihentikan pada tahun 2005, yang mana berhasil mencatatkan 102 juta unit pada waktu 9.5 tahun. Dan pada tahun 2000, PlayStation mengalami re-design untuk portabilitas. Pada saat itu, Nintendo hanya mampu menjual sebesar  32.930.000. Bahkan kemudian Bill Gates, mengungkapkan kekagumannya untuk game konsol.

PlayStation 2 (PS2)
PlayStation dominan selama bertahun-tahun dan tidak menghadapi banyak kompetisi sampai generasi konsol keenam tiba. Masa itu tiba di Jepang pada tahun 1998 dengan Sega Dreamcast, konsol pertama untuk merangkul internet sebagai bagian dari game, bahkan ada browser Web yang terintegrasi, meskipun dengan koneksi melalui modem 56K. Keberhasilan Sega tampak menjanjikan setelah penjualan awal yang mencapai 500.000 unit hanya dalam waktu dua minggu pada awal penjualan di Amerika Serikat  pada bulan September 1999.

Sementara Dreamcast pasti melakukan banyak hal untuk mengembalikan reputasinya, ternyata itu tidak cukup, terutama ketika Sony mengumumkan  PlayStation 2 di Tokyo Game Show akhir bulan itu. Penjualan Dreamcast pada saat itu langsung terjun dan Sega menghentikan produksinya pada 30 Maret 2001. (Mesin Dreamcast yang diperbaharui terus dijual di Jepang hingga tahun 2007).

PlayStation 2 mencapai puncak keberhasilannya, dengan rekor penjualan 150 juta unit terjual hingga Februari 2011 – hanya mengambil waktu 10 tahun dan 11 bulan setelah rilis awal di Jepang pada tahun 2000.

Bukan berarti PS2 tidak memiliki beberapa masalah. Kesalahan dalam membaca cakram game telah banyak dikeluhkan oleh banyak pengguna. Tapi sebagai satus-satunya game konsol yang paling laris dan bisa memutar DVD, PS2 ini tetap laris manis diburu para penggemarnya.

PlayStation Portable (PSP)
(secara resmi disingkat PSP) adalah konsol permainan genggam yang diproduksi dan dipasarkan oleh Sony Computer Entertainment. Pengembangan konsol ini pertama kali diumumkan pada tahun 2003, dan diperkenalkan pada 11 Mei 2004 di sebuah konferensi pers Sony sebelum tahun 2004. Sistemnya dirilis di Jepang pada 12 Desember 2004, di Amerika Utara pada tanggal 24 Maret 2005, dan di wilayah PAL pada tanggal 1 September 2005. PlayStation Portable yang pertama adalah video game konsol genggam untuk menggunakan format disk optik, Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpan yang utama. Yang membedakan fitur konsol termasuk tampilan layar yang besar, serta kemampuan multi-media yang hebat, dan konektivitas dengan PlayStation 3, PSPs lainnya, dan internet. Meskipun unggul dari konsol daya komputasi dan kemampuan multimedia, penjualan nya cukup memuaskan,namun agak tertinggal dibanding pesaingnya, Nintendo DS. Namun demikian, konsol adalah "yang paling berhasil dan bukan sistem permainan genggam Nintendo yg pernah dijual". Setelah mengeluarkan bentuk baru, tipe slim yg ringan versi dari PlayStation Portable, tepat berjudul Slim dan Lite, pada awal September 2007, penjualan quadrupled di Inggris pada minggu berikutnya dan meningkat hampir 200% di Amerika Utara untuk bulan oktober


Play Station Portable atau sering disebut PSP adalah sebuah gadget revolusioner keluaran SONY. Produk ini dirilis untuk melengkapi kejayaan Sony di dunia konsol game melalui Play Station (PS). Embel-embel Portbale memang dimaksudkan untuk bisa membawa produk ini kemanapun kita mau. Secara dimensional, PSP memang lebih kecil dibandingan PS biasa.
Kemampuan yang dibawa PSP tidak hanya sebatas untuk Game, tidak bisa juga sebagai MP3 Player, Video Player, Image Viewer/Capture (optional) sampai dibekali dengan fasilitas Wifi untuk berselancar di dunia maya, baik untuk sekedar browsing,chating, maupun Facebook-an. Tinggal cari Hot-Spot, nyalakan Wifi-nya, maka terhubunglah kita dengan dunia maya.
PSP sendiri sudah muncul dalam berbagai seri, yaitu :
1. PSP 1000 (alias PSP Fat/Phat), merupakan generasi pertama PSP

2. PSP 2000 (alias PSP Slim) , ukuran lebih ringkas dari PSP 1000
3. PSP 3000 (alias PSP Brite), penyempurnaan PSP 2000

4. PSP Go (alias PSP Sliding), dirilis tahun 2009, dengan mekanisme sliding
http://image.superstreetonline.com/f/26555662/sstp_0911_06+new_upcoming_video_games_november_2009+psp_go.jpg
Mana yang terbaik, tergantung selera masing-masing sih sebenarnya, tapi biasanya produk yang lebih baru sering muncul isu kompabilitas, dikarenakan fitur-fitur yang ada masih akan mengalami penyempurnaan. Kalau dari segi harga sebenarnya relatif hampir sama, tergantung dimana kita membelinya dan kelengkapan/paket yang disertakan. Hanya untuk aksesorisnya, saat ini, memang lebih banyak untuk yang Slim dibandingkan yang Fat. PSP 3000 sering dilanda isu dengan masalah LCD nya yang menimbulkan garis. Penulis sendiri memiliki PSP 1000, dan sampai sekarang tidak mengalami masalahnya dengannya. Jika kesulitan untuk mencari aksesoris untuk PSP Fat di toko-toko biasa, silahkan coba Googling aja. Salah satu penyedia jasa layanan online untuk PSP dan NDS adalah di Dunia PSP.
Jika tidak yakin dengan seri PSP yang anda miliki, bisa dicek di segel yang biasanya berada di bagian bawah PSP, di dekat colokan headset. Ada sederet angka disana, lihat di bagian akhir dari deretan angka tersebut. Jika tertera PSP 100x (cth PSP 1004) maka termasuk jenis PSP 1000/Fat. Bisa juga dengan membuka tutup baterai, dan lihat di bagian sticker di tempat baterai, akan ditemukan deretan angka yang menujukkan seri PSP, bisa 100x, 200x atau 300x.
Jika anda hobi mengutak-atik, maka PSP anda bisa menjadi sebuah gadget yang menyenangkan, apalagi jika ditambahkan dengan aplikasi yang pas. Kekurangan PSP hanyalah tidak bisa untuk sms dan telepon he he he. Tapi semoga ke depan bisa ditambahkan fitur tersebut.



PlayStation 3 (PS3)

Xbox 360 memimpin gelombang konsol game generasi ketujuh pada tahun 2005, dengan  jaringan Xbox Live untuk bermain online mendorong keuntungan besar Xbox tahun itu. PlayStation 3 yang diumumkan pada ajang  CES tahun 2005, tidak bisa segera diluncurkan baik di Jepang maupun di Amerika Utara hingga November 2006. Sony menghadapi masalah manufaktur pada saat itu, yang mana tidak bisa mendukung format Blu-Ray. Pada masanya, PS3 merupakan konsol pertama yang mendukungfull high-definition video pada resolusi 1080p.

Ketika menginjak pada harga, Sony PlayStation 3 membawa harga $499.99 untuk versi 20GB dan $599.99 untuk versi 60GB. Xbox 360 dan Nintendo Wii memiliki harga $100 lebih murah, meskipun memiliki kualitas grafis yang tidak sama.

Sama seperti PS2, PS3 juga memperkenalkan versi ramping dari mesinnya pada bulan Agustus 2009 dan tampak 33% lebih kecil yang beratnya sekitar 4,3 kilogram. Sony juga akhirnya meluncurkan game multiplayer online gratis dengan jaringan PlayStation Network yang mengumpulkan 90 juta pengguna pada awal 2012.

Pada bulan November 2013, PS3 telah terjual sebanyak 80 juta unit. Xbox 360 telah terjual dengan jumlah yang hampir sama. Lalu siapa pemenang nyata dari perang konsol game generasi ketujuh? Nintendo Wii, dengan 100 juta unit terjual di seluruh dunia.

PlayStation 4 (PS4)
Perang konsol game generasi kedelapan sudah berada di depan mata kita. Wikipedia mengatakan persaingan ini dimulai dengan dengan Nintendo Wii U dari tahun lalu, yang mana juga menandakan bahwa Nintendo mulai memimpin lagi seperti dahulu kala. Tapi semua mata tertuju pada dua raksasa: Xbox One dan PlayStation 4. Ini tidak mungkin 150 juta konsol akan pernah dijual seperti PS2, mengingat persaingan tidak hanya dari konsol, tetapi banjir handheld (seperti Sony PlayStation Vita sendiri) dan smartphone yang juga mendukung.

PS4 dan Xbox One memulai debut pertamanya di Amerika Utara dengan harga $399.99 dan $499.99. Keduanya menggunakan chip AMD untuk CPU dan grafis dan keduanya memiliki 500GB hard drive, Gigabit Ethernet dan Wi-Fi, dukungan video 4K, dan banyak lagi. Namun kedua konsol ini tidak mendukung game dari konsol game sebelumnya.
Akan sulit untuk menentukan mana dari kedua ini yang akan unggul untuk menarik perhatian para calon penggunanya ketika kedua perangkat ini memiliki fitur yang hampir sama mengesankannya.

Situs Resmi Playstation

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -