Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Selasa, 07 Agustus 2012


Innocent Life benar-benar berbeda dari Harvest Moon yang lain. Melanggar hampir semua peraturan bahwa Harvest Moon itu selalu menceritakan seorang pemuda, latar yang sederhana, dan lain-lain. Innocent Life bersetting di zaman modern, di mana pada masa itu hampir semua teknologi dibuat secara modern. Tetapi itulah permasalahannya. Sprite Api marah karena manusia sudah lupa akan alam dan kelam akan teknologi. Akhirnya ia memberikan sebuah kutukan pada manusia yang menyebabkan gunung berapi akan meletus dan akan menghancurkan seisi pulau tersebut dalam satu atau dua tahun.

Innocent Life A Futuristic Harvest Moon
Sayangnnya tak seorangpun yang bisa dan berani membuka segel kutukan itu di sebuah pulau kuno. Disaat yang sama, Dr. Hope menciptakan sebuah android (kamu) yang bertujuan untuk mempelajari kehidupan manusia, bercocok tanam dan beternak dan lain-lain. Tujuan utama Dr. Hope adalah agar kamu bisa menyelamatkan pulau Heartflame dengan membuka segel kutukan itu.

Innocent Life A Futuristic Harvest Moon Special Edition
Keunggulan pada game ini terletak pada tantangan yang tergolong sulit yang mengharuskan kita menjelajah ke seluruh pulau dan mencari item-item tersembunyi. Apalagi, map di Innocent Life benar-benar luas, lebih luas dari Harvest Moon  apapun yang pernah dibuat sebelumnya. Karenanya, pada Innocent Life diberikan fitur-fitur yang dapat memudahkan gamers dalam bercocok tanam maupun beternak, sehingga menghemat waktumu ketika melakukan penjelajahan.


A. Kondisi awal kebunmu
1. Ruins/Tempat tinggalmu
Uniknya kamu tinggal di sebuah reruntuhan kuno. Reruntuhan itu telah dibeli Dr. Hope dan merenovasinya menjdi tempat tinggal, lengkap dengan perabotannya. Tetangga terdekatmu adalah Franco dan Moonlight yang juga tinggal di samping rumahmu. Terdapat empat lantai di ruins, yaitu:


a. Entrance Ruins
Lantai paling dasar rumahmu. Tidak ada apa-apa disini. Di belakangnya terdapat pintu merah yang hanya bisa dibuka jika kamu sudah membuka ladang berjewel merah.


b. Storage Area
Disini terdapat tempat penyimpanan bibit, tempat sampah, dan shiping pod/ bin untuk menjual hasil tani dan ternak. Selebihnya adalah ruang kosong. Di bagian barat terdapat pintu biru yang di dalamnya terdapat kandang domba. Sedangkan di sebelah timur, terdapat pintu biru yang berisi kandang sapi dan ayam. Pintu biru tersebut hanya dapat terbuka setelah membuka ladang berjewel biru.


c. Your Room
Adalah kamarmu. Terdiri dari: 
1.  TV: Terdiri dari chanel-chanel yaitu:
a.       Weather News Chanel, untuk mengetahui ramalan chanel besok
b.      Herbal Garden Chanel, untuk memanen tanaman bunga dan herbal yang kau tanam dan belajar tentang tanamannya
c.       Cooking Life Chanel,  belajar memasak (wajib untuk diikuti setiap minggu)
d.      Drama Chanel, menayangkan drama kucing yang mencari ibunya (cukup menarik)
e.      Anime Chanel, menayangkan petualangan seru alien yang berada di bumi (juga menarik untuk diikuti)
f.        World Ranch Chanel, untuk membeli atau menjual hewan-hewan ternak, juga mempelajari  tentang beternak

2. Dapur: ketika memasak, kamu tidak perlu lagi memasukkan bahan-bahan dan langsung bisa memasak. Karena, hasil pertanian atau tanaman liar yang kau panen otomatis masuk ke tempat penyimpanan dan bahan-bahan itu tidak terbatas. Resep masakan terbagi dalam 11 cooking kinds, yaitu: drinks, cutting, cutting (advance), boiling, cutting drinks, boiling (advance), grilling, grilling (advance), oven baked dishes, dan oven baked treats
3. Tempat tidur: ada dua pilihan tidur dengan save atau tidur tanpa save
4. Meja dan kursi
5. Kamar mandi


d. Your Field
Adalah ladang tempat kamu bercocok tanam.


4. Kebun
Dr. Hope memberimu kebun yang cukup luas dan meraup keuntungan dengannya. Menurutku, Innocent Life adalah Harvest Moon yang paling kaya karena jika kamu menggunakan fasilitas yang ada dengan maksimal, dalam satu sampai dua bulan, uangmu pasti akan mencapai lebih dari 100000G. Pada 35, Spring year 1, kamu akan mendapatkan robot yang dapat membantumu menyiram tanaman, memanen item kayu dan batu, dan membasmi hama rumput.


5. Kandang domba
Letaknya di Storage Area di pintu biru bagian timur. Disini kamu tidak perlu lagi memberi pakan ternakmu (termasuk ayam dan sapi). Setiap minggu, bulu wol itu akan otomatis dipotong oleh mesin otomatis.


6. Kandang ayam dan sapi
Letaknya di Storage Area di pintu biru bagian barat. Anehnya, letak kandang sapi dan ayam berdampingan dalam satu ruangan.


B. Goal
Tujuan permaianan ini adalah menyelamatkan pulau dari letusan gunung berapi, dengan cara membuka segel kutukan itu disebuah pulau kuno yang sudah lama tidak terjamah tangan manusia. Jika tidak, seisi pulau akan hancur karena letusan gunung berapi di pulau tersebut.


Winter di Innocent Life
Bertani di Innocent life
Memancing di Innocant Life
Peta Heartflame 
Event Mingguan

C. Kesimpulan
Intinya Innocent merupakan game yang menarik dan sayang untuk dilewatkan Harvest Moon Lovers. Meskipun banyak diantara Harvest Moon Lovers yang kecewa akan game ini dan menganggapnya produk gagal, sebenarnya mereka salah besar. Padahal game ini benar-benar bagus dengan kualitas grafis yang baik dan futuritik, dan adanya fitur-fitur yang belum pernah ada di Harvest Moon yang lain dengan sentuhan RPG.


Perbedaan PS2 & PSP

Fitur tersebut seperti: adanya robot pembantu yang membantu kita berkebun, tidak usah memberi pakan ternak, memiliki banyak hewan peliharaan 2 kucing dan 1 anjing, adanya motor ATV yang membantu kita menjelah pulau, ada fitur quick save, ladang sangat luas, cepat kaya, peralatan yang digunakan sangat unik (misalnya penyiram level 3 dapat menyiram berpuluh-puluh petak tanah sekaligus), kaya akan hasil alam dan masih banyak lagi.  Kekurangannya terbilang sangat sedikit, yaitu character tidak ditampilkan saat kita bicara pada mereka, musik yang mengharukan (biasanya bikin ngantuk), dan butuh waktu lama untuk menjelajahi seluruh pulau.
12, Febuari 2008, pertamakali Natsume merilis game Innocent Life: A Futuristic of Harvest Moon Special Edition (versi Inggris) untuk console PS2. Secara garis besar tidak ada perubahan yang sifnifikan pada PS2, dan hanya ditambahkan beberapa item, tempat jewel yang berbeda, ditambahkan event, dan lain-lain. Berikut adalah perbedaannya:

  • Di PS2, Liberta akan memberikanmu dictionary yang berfungsi mencatat hal-hal penting selama game berlangsung.
  • Di PS2, jika kamu berteman pada Becky, pada musim Autumn dia akan menunjukkanmu sebuah buku cerita untuk kau baca. Setelah itu tidurlah dan kau akan bermimpi salju turun pada musim summer dan white rose akan tumbuh di ladangmu. Pada saat itu, kau juga menjadi istri Becky.
  • Di PSP, kamu akan diberi tantangan memanen 1000 crops dalam 2 tahun. Itu mudah! Bagaimana jika kamu diberikan tantangan 5000 crops dalam 1 tahun di PS2?
  • Tempat jewel di PSP dan PS2 sedikit berbeda. (Misalnya, di suatu gua hanya ada 2 jewel biru di PSP, sedangkan di PS2 ada 3 jewel biru.) Tetapi, jika kamu menamatkan game ini di PSP maupun PS2, total jewel yang ada tetap sama. 
  • Style fonts/ tulisan di PS2 lebih bagus dan futursitik.
Download:
PS2 Code:
 NSTC-J
http://www.indowebster.com/harvest_m...re_part01.html
http://www.indowebster.com/harvest_m...re_part02.html
 NSTC-U
Sliahkan Lihat disini karena bukan saya yg up.
 Emulator:
 PS2:  
http://pcsx2.net/download/development/svn.html
http://buildbot.orphis.net/pcsx2/index.php
 PSP:
http://buildbot.orphis.net/jpcsp/


{ 21 komentar... read them below or Comment }

  1. hay ku pemain baru hm innocent life,,tolong donk jelasin tentang bikin design rail di kebunnya,,,pke gambar ya,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bikin rail sih....
      itu bikinnya sessuka kamu.....

      Hapus
  2. kalo mau mengisi librta dictionary dgn cepat gimana yah ???
    tolong jawabannya gan......
    makasih ^_^

    BalasHapus
  3. design rel.. serupa bkin pagar di keliling kebunmu... tapi itu masih belum berguna jika kau belum mendapatkan life arm... life arm akan diberikan ke kmu oleh dr. grain (ayahmu) setelah ayahmu meninggal... tapi sebelum itu pastikan kamu menyelesaikan tantangan fire spirit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya xo gak bisa beli earth power sand ama tanaman herbal yah..... cara ngebuka nya gimana ?

      Hapus
  4. bro ini versi english ato jepang?

    BalasHapus
  5. Gan Mantep amat nih ya , lengkap Gan THank. . . thank . . very Moech

    BalasHapus
  6. yang ps2 versi jepang?
    kalo mau ubah jadi english gimana ada patchnya atau gimana?

    BalasHapus
  7. gan kok blackscreen ya bua psp?

    BalasHapus
  8. Aku gk tau gimana cara dapat semua peti harta yg ada di labirin di lantai satu eister ruin itu. Tolong dong bantuin supaya dapat semua. Maakasih

    BalasHapus
  9. kaya mana dapat 4 green jewel

    BalasHapus
  10. gue bingung harus cari jewel kmn lg

    BalasHapus
  11. gue bingung harus cari jewel kmn lg

    BalasHapus
  12. hahaba kesusahan yha gan aq main ni.HM mondar mandir sembarangan aja udah tamat tapi yg paling sulit tu.jewel orange
    truss yg tanam crops 5000 tu enak aja kok

    BalasHapus
  13. Status humans lvl ku udah bintang 10, all tools q udah lvl3 n uang ku udah lebih dr 100.000G tp kok ngak d isi liberta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uangnya harus 1jutaG

      Hapus
  14. Gimana sih cara dapetin mobil, sama festival dimana?

    BalasHapus
  15. dimana ya lokasi green jewel

    BalasHapus
  16. Aku udah tamatin game ini
    Event-event nya mantap kox !

    BalasHapus

Diharap Masukannya Tapi jangan Spam....!

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -