Posted by : Sagasano Jumat, 12 Agustus 2016
Tag :, Tag :


Sedang Malas... tapi pengen Post.. Mumpung inget...
oke.. Copas lagi Copas Lagi haha... post ini tentang Apa itu Emulator, pengertian Emulator, pengertian Rom, dan beberapa contoh emulator yang bisa di pakai

Sumber : Wikipedia.

Emulator atau lebih tepatnya piranti lunak emulator memungkinkan suatu program atau piranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) dan untuk dijalankan dalam sistem itu (atau dijalankan dalam suatu sistem yang didedikasikan), dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain.



Alasan Dibuatnya Emulator
Terdapat beberapa alasan dibuatnya emulator, beberapa di antaranya adalah:
  • Para gamer ingin bernostalgia dalam menjalankan program-program lama, umumnya permainan komputer (game) yang konsol atau sistem operasinya tidak diproduksi lagi saat ini,
  • Menjalankan piranti lunak yang dibuat hanya untuk platform-platform tertentu,
dan dewasa ini;
  • Memeriksa program-program yang dibuat oleh platform berbeda untuk dijalankan pada platform yang lain. Sebagai contoh misalnya pembuatan program atau piranti lunak pada PDA atau telepon genggam yang terlebih dahulu diemulasikan di komputer personal (PC).
Emulator dalam Permainan Komputer
Emulator memungkinkan komputer untuk bekerja sesuai dengan hardware sistem yang diemulasikan. Tetapi emulator tidaklah ada gunanya tanpa didukung oleh permainan komputer (game). Game-game ini disebut sebagai ROM atau Disk Image yang merupakan hasil copy dari game-game dalam format cartridge atau disket sistem yang bersangkutan. Misalnya, game Sega hanya akan bekerja apabila dijalankan pada emulator Sega saja.

Melalui penggunaan emulation kita dapat memainkan game-game klasik kesukaan kita seperti Super Mario Bros dan Sonic the Hedgehog di komputer kita. Tentu saja kita tidak dapat begitu saja memasukkan cartridge game ke dalam disk drive komputer. Konsep emulation memang agak sulit untuk dijelaskan tetapi pada dasarnya emulation adalah suatu proses untuk meniru desain internal dari suatu sistem. Untuk menjalankan program pada sistem yang berbeda membutuhkan program pendukung yang disebut emulator. Mendesain emulator itu sendiri tidaklah mudah dan kualitas hasil emulationnya tidak selalu sempurna. Tetapi sekarang ini sudah banyak sekali emulator yang beredar di Internet dan kualitas emulator-emulator tersebut berkisar dari buruk hingga hampir sempurna.

Kinerja Emulator
Kebanyakan emulator tidak mampu untuk secara sempurna meng-emulate sistem yang hendak ditirunya. Contoh dari ketidaksempurnaan tersebut adalah problem pada timing (framerate yang lambat), gambar atau efek video yang tidak benar, suara yang kacau atau bahkan tidak bersuara sama sekali, problem di joystick, dan lain sebagainya.

Membuat Emulator
Memprogram emulator adalah hal yang amat sulit dan dimulai dari mengumpulkan informasi tentang sistem yang hendak di-emulate dan mengakali komputer agar mampu meniru hardware dan instruksi-instruksi yang dijalankan oleh sistem tersebut. Salah satu contohnya adalah menulis program untuk mengemulasi cara kerja processor kuno seperti Apple II atau Intel 8086.

Jenis-jenis emulator
Emulator terdiri dari 2 jenis: single-system/dedicated emulator dan multi-system emulator. Single-system/dedicated emulator hanya dapat meng-emulate 1 jenis sistem, sedangkan multi-system emulator dapat meng-emulate beberapa jenis sistem sekaligus. Pada dasarnya kualitas single-system/dedicated emulator lebih baik daripada multi-system emulator karena hanya didesain khusus untuk 1 jenis sistem sehingga kemungkinan untuk terjadi compatibility problem dapat diminimalisasi. Selain itu kebutuhan resources untuk single-system/dedicated emulator biasanya lebih kecil dibandingkan multi-system emulator.

Mungkin Anda bertanya, apakah semua sistem sudah diemulate? Jawabannya, tergantung. Ada 3 faktor utama yang menentukan kemungkinan suatu sistem diemulate atau tidak:
  • Kepopuleran: Semakin populer suatu sistem, maka semakin banyak orang yang berusaha untuk meng-emulate sistem tersebut.
  • Tersedianya informasi: Semakin banyak informasi yang tersedia tentang suatu sistem (baik hardware maupun software) akan amat membantu proses penulisan emulator.
  • Kesulitan teknis: Banyak sekali game yang diproteksi dengan menggunakan enkripsi. Hal ini akan membuat sulit mengemulasi sistem tersebut. Selain itu, sistem baru seperti halnya Playstation 2 juga sulit untuk diemulasikan karena kebanyakan komputer belum memiliki processing power yang kuat untuk mengemulasikan sistem yang baru.
Fungsi ROM
Emulator tanpa ROM atau Disk Image adalah tidak ada gunanya, karena ROM atau Disk Image inilah yang merupakan game sebenarnya. Perhatikan analogi berikut ini: emulator adalah console game dan ROM atau Disk Image adalah cartridge gamenya. Jadi, console Nintendo tanpa game tidaklah ada gunanya.

Kata ROM dan Disk Image sering dipakai dan dianggap sama. Sebenarnya ROM adalah copy dari cartridge game, sedangkan Disk Image adalah copy dari disket atau CD. Jadi, copy dari game Nintendo adalah ROM dan copy dari game Apple adalah Disk Image.

Ukuran (size) suatu ROM berbeda-beda tergantung sistem yang di-emulasikan, biasanya berkisar antara 1kB hingga 50MB. Kadang-kadang ROM terdiri dari beberapa file yang merupakan suatu kesatuan dalam format ZIP. ROM ini harus di-load melalui emulator untuk dapat dimainkan, jadi ROM tidak dapat dijalankan seperti halnya program .EXE.

Legalitas Penggunaan Emulator
Sekarang, apakah emulation itu legal dan tidak melanggar hukum? Sejauh mata memandang sebenarnya emulator itu sendiri tidak melanggar hukum sejauh emulator tersebut tidak mengandung materi yang di-copyright seperti misalnya BIOS image sistem tertentu. Lain halnya dengan ROM. 

Pada umumnya semua ROM di-copyright tetapi untuk game klasik kadang-kadang produsen game tersebut bahkan sudah tidak aktif lagi alias sudah tutup. Dengan demikian, ROM tersbut dianggap legal. ROM juga bisa dikatakan legal apabila kita memang memiliki game aslinya.

Oke... itu lah minimal yan harus di ketahui sekarang main Course nya hahahahahaha 
Berikut dibawah ini adalah beberapa nama emulator yang bisa di gunakan untuk memainkan game. baik untuk HP maupun PC yang saya tulis yang saya pake saja hahahaha, List di bawah akan merujuk langsung ke Situs developer emulatornya, silahkan gunakan jalur resmi atau jalur tikus sesuai kebutuhan anda.. jalur resmi akan di list di bawah ini perlahan haha jalur tikus cari sendiri ya.

Emulator Untuk PC:
Snes9x, ZSNES: Untuk Memainkan Snes.
VisualBoyAdvance: Untuk Memainkan Game boy, Game Boy Color, dan Game Boy Advance.
DeSmuME: Untuk Memainkan Nintendo DS.
No$gba: Untuk Memainkan Nintendo DS dan Game Boy Advance.
ePSXe, pSXfin: Untuk Memainkan Playstation aka PS1/PSX.
Dolphin: Untuk Memainkan Nintendo GameCube dan Nintendo Wii.
PCSX2: Untuk Memainkan Playstation 2 aka PS2.
PPSSPP: Untuk Memainkan Playstation Portable aka PSP.
Project64: Untuk Memainkan Nintendo 64.
Citra: Untuk Memainkan Nintendo 3DS.
Khusus untuk citra masih belum banyak game yang bisa di mainkan.. tapi ini adalah emulator pertama setau saya yang bisa sampai memainkan 3ds dengan lancar.

Emulator Untuk Android Semua Ada Di Google Play:
My Boy! : Untuk Game Boy Advance.
My OldBoy! : Untuk Game Boy dan Game Boy Color.
DraStic : Untuk Nintendo DS
Snes9x EX+ : Untuk Super Nintendo Entertaiment System.

Terakhir yang paling special.. karena masa sma saya di temani game dari GB,GBA,GBC,NES,dan SNES dengan Emulator di Symbian. ya HP kesayangan Symbian, raja pada jaman dahulu kala hahaha... 

berikut adalah emulator untuk Symbian:
Vbag : untuk Game Boy Advance
Vboy : untuk Game Boy dan Game Boy Color
Vsun : untuk Super NES
Vnes : untuk NES
Semua berasal dari wap.vampent.com hanya sekarang sudah down.

Suport Developernya dengan membeli jika dia menjualnya hahaha... silahkan di kunjungi situs resminya.
Jika saya mencoba emulator lainnya maka akan saya tambahkan. semoga umur sampai aamiin.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -