Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Sabtu, 13 Agustus 2016
Tag :, Tag :, Tag :



Sebelum Membahas Game-game keren dari Gameboy, Ada bagusnya kamu tau dulu sejarah dari Gameboy ini.
Gameboy adalah console game handheld (artinya bisa digenggam ma tangan)ato game portable yang dikembangkan, diproduksi dan dipasarkan oleh Nintendo Jepang. Awalnya dipasarkan pada tahun 1989 sampai dengan peluncuran generasi terakhirnya dirilis tahun 2005. Gameboy merupakan game handheld terlaris di dunia dibandingkan kompetitornya yang sejenis. Yuk kita bahas Gameboy dari generasi awal sampai akhir.

GAMEBOY, THE ORIGINAL (1989)
Diluncurkan di Jepang 21 April 1989 dengan harga US$.89 atau dengan kurs sekarang sekitar Rp 800.000 an, merupakan penyempurnaan dari game handheld tahun 80'an Game & Watch digabungkan dengan game console NES (terkenal dengan sebutan Nintendo di Indonesia), meskipun tampilan layarnya masih hitam putih.
Penjualan console handheld ini sangat sukses di dunia, terjual sebanyak US$ 118 juta unit diseluruh dunia.
Pada tanggal 3 September 1996, Nintendo mengeluarkan model lain masih dengan layar hitam putih yaitu Gameboy Pocket, dan pada tanggal 14 April 1998 mengeluarkan model Gameboy Light, yang hanya released di Jepang.


GAMEBOY POCKET (1996)
Di released pada tahun 1996 Game Boy pocket spesifikasinya sama dengan Game Boy original, tetapi bentuknya lebih kecil, lebih ringan dan batereinya lebih tahan lama.
Dengan memakai 2 baterei tipe AAA, lebih sedikit dari yang original ( 3 baterei tipe AA ) dapat dimainkan kurang lebih 10 jam waktu main. Bisa dikatakan Game pocket adalah "redesign" dari Game boy Original.





GAMEBOY LIGHT (1998)
Di released pada tanggal 14 april 1998,dengan spesifikasi tambahan berupa cahaya yang dapat bersinar di layarnya, yang berguna untuk bermain di bawah sinar yang redup atau gelap tanpa memerlukan bantuan dari cahaya luar yang dinamakan "Electroluminescent backlight". Memakai 2 batere tipe AA, yang cukup untuk memainkan 20 jam nonstop.






GAMEBOY COLOR (1998)
Di released pada tanggal 21 Oktober 1998,adalah jawaban dari developer atas keinginan "pasar" game untuk membuat konsol genggam yang canggih, akhirnya dengan tampilan layar berwarna membuat perubahan yang signifikan terhadap tampilan Game boy itu sendiri. Bentuknya lebih kecil daripada Game boy Original, tetapi lebih besar dan panjang daripada Game Boy Pocket. Kemunculan Game Boy Color ini mengungguli penjualan kompetitor game handheld layar berwarna lainnya seperti SEGA GameGear dan Atari Lynx.




GAMEBOY ADVANCED (2001)
Di released tanggal 21 Maret 2001, Game Boy Advanced, membawa konsol handheld ke level yang lebih tinggi, dengan processor 32bit naik 2 tingkat dari Game Boy sebelumnya yang hanya 8-bit. Dengan tersedianya ribuan game dengan berbagai judul dan genre membuat Game Boy menjadi konsole handheld no 1 pada saat itu, bahkan sampai sekarang, ditengah munculnya berbagai konsole yang lebih canggih, Game Boy Advanced tetap memiliki penggemar.

GAMEBOY ADVANCED SP
Di released 6 Januari 2003, adalah versi terbaru dari Game Boy Advanced, dengan bentuk yang lebih compact, menyerupai bedak untuk wanita yang bisa dilipat, Sp adalah singkatan dari special, GBA SP ini mempunyai fitur rechargeable battery ( baterei yang bisa di charge ), sehingga tidak perlu membeli baterei lagi, selain dari perubahan baterei fitur engine dan yang lainnya masih sama dengan GameBoy Advanced versi sebelumnya. Game yang dapat dimainkan kompatibel dengan seluruh game yang pernah direleased untuk Game boy.





GAMEBOY MICRO (2005)
Di released pada tanggal 1 September 2005, ini adalah Game Boy terkecil yang pernah dibuat, bahkan terkecil dari seluruh game handheld di dunia. Dengan lebar hanya 4 inchi dan tingg1 2 inchi
membuat konsol ini dapat digenggam oleh tangan. Meskipun bentuknya mini tapi kemampuannya sama dengan Game Boy Advanced versi sebelumnya, bahkan gadget ini ditambahkan fitur pengaturan cahaya, besarnya intensitas cahaya untuk menerangi layarnya. Konsol ini hanya kompatibel dengan game dari Game boy Advanced saja, tidak dengan Game Boy original dan Game Boy color.Tapi bentuknya yang sangat kecil tapi pemakai masih nyaman menggunakannya merupakan teknologi yang revolusioner sampai saat ini.

Tentang Emulator PC: Visual Boy Advance
karena menurut saya sampai sekarang inilah emulator paling stabil dan terbaik sampai saat ini.




Bagi yang ingin mencoba memainkan game GB, GBC, dan GBA namun tidak memiliki Perangkat Konsol gamenya, tidak ada salahnya mencoba Emulator Game ini.Bahkan dengan menggunakan emulator ini, kualitas gambar dan soundnya menjadi lebih bagus.Softwarenya juga ringan dan tidak memakan banyak RAM.Berikut adalah beberapa fitur dan kelebihan Visual Boy Advance :

Visual Boy Advance 1.7.2 Emulator Game GBA Untuk PC


  • Ringan, file softwarenya hanya sekitar 1 MB
  • Bersifat Portable, tidak perlu melakukan instalasi dan hanya tinggal membukanya saja
  • Bisa memainkan game GB, GBA, dan GBC
  • Bisa dengan bebas mengatur Control Game Setting
  • Bisa mengatur Graphic Setting dan Screen
  • Bisa memasukkan Cheat
  • Bisa recording video game dalam berbagai format dengan kualitas yang bagus
  • Setting Color secara bebas
  • Control bisa menggunakan KeyBoard atau Joystick
  • Bisa dengan mudah membuka game GBA 
  • Dan beberapa keunggulan lain
Untuk Softwarenya Bisa download di emuparedise.

Lalu Emulator Untuk Android.
GB dan GBC terpisah Dengan GBA, meski begitu.. Developer nya tetap sama.
Setahu saya. My Oldboy! dan My Boy! adalah emulator untuk Gameboy  yang paling komplit fiturnya di Android.
My Oldboy! di gunakan untuk Rom game berekstensi GB dan GBC, sedangkan GBA menggunakan My Boy! emulator. aplikasi ini Tidak gratis.. maka dari itu Link dibawah akan menuju Google Play:
My Boy!
My Oldboy!

Emulator Untuk Symbian.
haha... emulator android aja di pentalin ke google play apalagi symbian.
disebut karena membawa kenangan sendiri
berikut adalah emulator untuk Symbian:
Vbag : untuk Game Boy Advance
Vboy : untuk Game Boy dan Game Boy Color
Vsun : untuk Super NES
Vnes : untuk NES
Semua berasal dari wap.vampent.com hanya sekarang sudah down.

Baca juga : Emulator 

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -