Posted by : Muhammad Jimmy Ramadhan Senin, 15 Agustus 2016


Dari: Wikipedia.
PlayStation Portable (プレイステーション・ポータブル Pureisutēshon Pōtaburu?, secara resmi disingkat PSP) adalah konsol permainan genggam yang dibuat dan dipasarkan oleh Sony. Pembuatan konsol ini pertama kali diumumkan dalam acara E3 2003 dan rancangannya diperlihatkan ke publik pada tanggal 11 Mei 2003 dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan oleh Sony sebelum E3 2004 dimulai. PSP diluncurkan pada tanggal 12 Desember 2004 di Jepang, 24 Maret 2005 di Amerika Utara, Mei 2005 di Asia, dan 1 September 2005 di Eropa dan Australia. PlayStation Portable merupakan semacam perangkat hiburan yang berfungsi untuk memainkan permainan video, memutar film dan musik, serta menampilkan foto digital. PSP merupakan konsol permainan pertama yang menggunalan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanan, meninggalkan kartrid ROM konvensional. UMD memiliki ukuran fisik yang lebih kecil daripada CD biasa dengan kapasitas yang jauh lebih besar, mencapai 1,8 GB. Selain itu, PSP juga mendukung Memory Stick (Duo dan Pro Duo), jaringan LAN nirkabel, baterai yang dapat diisi ulang, LCD layar lebar, serta stik analog panel datar yang dapat disorong keluar. Fitur jaringan PSP mendukung konektivitas konsol ini dengan PlayStation 3, konsol PSP lain, dan Internet.

Saat peluncurannya, PSP dianggap sebagai konsol permainan genggam dengan fitur dan kemampuan multimedia yang mengungguli pesaing-pesaingnya. Akan tetapi, penjualan konsol ini ternyata berhasil dikalahkan oleh pesaing utamanya, Nintendo DS, pada masa-masa awal peluncuran keduanya. Fakta ini mendorong Sony untuk merancang dan memproduksi ulang PSP dengan model yang lebih ergonomis dan ringan (PSP-2000) pada awal September 2007.

PSP Sony pertama kali mengumumkan pengembangan PlayStation Portable pada sebuah konferensi pers sebelum penyelenggaraan E3 2003. Walaupun rancangan konsol tersebut tidak ditampilkan dalam konferensi pers atau E3, Sony memberikan rincian teknis konsol tersebut secara terperinci. CEO Sony Computer Entertainment kala itu, Ken Kutaragi, menyebutnya sebagai "walkman abad ke-21", merujuk pada kemampuan multimedia konsol genggam tersebut. Beberapa situs permainan video juga terkesan dengan kemampuan komputasinya dan tidak sabar menunggu peluncurannya sebagai sarana untuk memainkan permainan video.

Gambar konsep pertama PSP ditampilkan pada bulan November 2000 pada acara Sony Corporate Strategy Meeting yang menampilkan PSP dengan tombol datar dan tanpa stik analog.Walaupun ada beberapa orang yang mengkritik absennya stik analog, ketakutan itu hilang ketika rancangan PSP secara resmi diperlihatkan oleh Sony dalam sebuah konferensi pers yang diselenggarakan pada E3 2004. Sebagai tambahan pengumuman mengenai rincian lebih lanjut dan perangkat tambahan konsol tersebut,Sony juga merilis daftar 99 perusahaan pengembang yang telah memberikan dukungan untuk PSP.Beberapa demo permainan PSP, seperti Metal Gear Acid buatan Konami dan Wipeout Pure buatan Sony Computer Entertainment, juga ditampilkan dalam konferensi tersebut.

Pada tanggal 17 Oktober 2004, Sony mengumumkan bahwa PSP akan diluncurkan di Jepang pada tanggal 12 Desember 2004 dengan harga ¥19.800 (kira-kira $181 pada tahun 2004) untuk model biasa dan ¥24.800 (kira-kira $226 pada tahun 2004) untuk versi value system. Pada hari pertama peluncuran konsol ini, lebih dari 200.000 unit berhasil terjual. Konsol dengan variasi warna yang berbeda juga dijual per paket dengan harga yang lebih mahal, kira-kira $200.

Sony mengumumkan pada tanggal 3 Februari 2005 bahwa PSP akan mulai dijual di Amerika Utara pada tanggal 24 Maret 2005 dengan harga $249 (Amerika Serikat) dan $299 (Kanada). Harga yang terlalu tinggi sempat menuai kritik karena lebih mahal hampir $20 daripada harga konsol yang sama di Jepang dan lebih mahal $100 daripada Nintendo DS yang juga baru saja diluncurkan. Namun, peluncuran PSP di Amerika Serikat dapat dikatakan berhasil walaupun berdasarkan laporan dua minggu kemudian, konsol genggam tersebut tercatat tidak terjual sesuai perkiraan di luar klaim Sony bahwa mereka berhasil menjual lebih dari 500.000 unit pada dua hari pertama peluncuran.

PSP awalnya akan diluncurkan secara serentak di Amerika Utara dan Eropa, tetapi pada tanggal 15 Maret 2005, Sony mengumumkan bahwa peluncuran di Eropa ditunda karena tingginya permintaan di Jepang dan Amerika Utara. Sebulan kemudian, pada tanggal 25 April 2005, Sony mengumumkan bahwa PSP akan diluncurkan di Eropa pada tanggal 1 September 2005 dengan harga €249/£179. Sony bergeming dengan harga tinggi yang mencapai $100 lebih mahal daripada harga di Amerika Utara dengan alasan bahwa pelanggan di Amerika Utara harus membayar pajak penjualan dan bahwa PPN di Inggris lebih tinggi daripada di Amerika Serikat. Walaupun diluncurkan dengan banderol harga yang mahal, peluncuran konsol ini di Eropa dapat dikatakan sukses dengan hasil penjualan lebih dari 185.000 unit di Inggris saja, bahkan toko-toko di seluruh Inggris sempat kehabisan stok hanya dalam waktu tiga jam sejak peluncuran, lebih dari dua kali rekor jumlah hasil penjualan hari pertama yang dicapai oleh Nintendo DS sebanyak 87.000 unit. PSP juga mengalami kesuksesan penjualan di Australia dengan masuknya pesanan sebanyak 25.000 unit sebelum peluncuran dan hampir satu juta unit terjual di Eropa pada minggu pertama peluncuran.

 Lalu sekarang ini sudah ada emulator untuk memainkan psp di pc maupun di android.
PPSPP adalah emulatornya. ppspp sudah suport banyak game. dan untuk game harvest moon yang ada di psp terbukti lancar dan aman saja. utuk seting silahkan sesuaikan dengan spek pc kalian masing-masing.
Screenshot :
psp emulator for pc free download
psp emulator for pc free download

Untuk mendownload emulatornya silahkan langsung menuju situs resminya disini.

Leave a Reply

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -