Posted by : Sagasano Selasa, 07 Agustus 2012
Tag :, Tag :

Events pada Innocent Life adalah events mingguan yang terjadi setiap hari Minggu. Events ini pasti terjadi dan tidak akan bisa kaulewati.




Minggu 1 (35, Winter)

Hari dimana kamu pertamakali diciptakan. Kamu akan bertemu dengan Dr. Hope ayahmu sekaligus penciptamu dan Vita pembantunya. Kemudian, Gayak akan membawamu ke rumahnya. Sesuatu yang aneh muncul, 3 peri memata-mataimu. Tetapi, kau tak menghiraukannya. Di rumah Gayak, dia akan memberikanmu tutorial tentang dasar bercocok tanam menggunakan virtual farm. Setelah itu, kau akan menginap di rumahnya. Kamu juga akan bertemu dengan Marlene istri Gayak, Cocola si anjing dan Marcia cucunya. Lalu, kamu akan kembali ke Dr. Hope dan sarapan dengannya. Moonlight akan membawamu ke Ruins tempat kamu tinggal dan memulai kehidupan bertani. Kamu akan memulai dengan:

1. Doctor's WC (Level 1 water can)
2. Iron Hoe (Level 1 hoe)
3. Power Soles
4. Snow Soles
5. 3 Seed Bags
6. 9 turnip seeds
7. 8 Potato seeds (ketika Gayak memberikanmu tutorial, tanam 1 dari 9 bibit saja.)

Kamu akan langsung tertidur dan terbangun oleh Franco. Franco akan memberikanmu bibit turnip dan  mengawasimu bagaimana kamu bertani dan kamu tidak bisa pergi ke tempat lain sebelum turnip itu tumbuh dan kamu panen. Besoknya, orang-orang akan mengunjungi kebunmu. Bicaralah pada mereka semua dan mereka akan pulang. Resep minggu ini:

Tea
- Yucky Tea
- Regular Tea
- Apple Tea
- Milk Tea

Coffee
- Icky Coffee
- Coffee
- Café au Lait
- Vienna Coffee

Herbal Tea
- Nasty Herb Tea
- Chamomile Tea
- Lavender Tea
- Mint Tea

Catatan: Pada hari ketiga, bicara pada Franco untuk mendapatkan sabit level 1 gratis.

Minggu 2 (7, Summer)

Panen turnip yang kau tanam (jika kau menanam potato maka yang kau panen adalah potato). Tutorial telah selesai, Moonlight akan membawamu pergi menemui Dr. Hope, sebelumnya dia melihat battlebot tergeletak di tanah, akhirnya ia membawanya untuk diperbaiki oleh Dr. Hope. Besoknya Million dan Marcia mengajakmu berkeliling kota. Mereka juga memberikanmu 30 bibit Asparagus (25 di PS2). Resep minggu ini:

Salad
- Gross Salad
- Italian Salad
- Fresh Salad (need to ship mayonnaise)
- Cabbage Salad
- Tomato Salad (summer only)

Fruit Dessert
- Miserable Fruit Dessert
- Fruit Dessert
- Fruit with Yogurt Sauce
- Fresh Papaya (harvest papaya first)
- Tropical Cocktail (summer only)

Catatan: Untuk mendapatkan watering can level 2, bicaralah pada Masami. Sebelumnya, wcmu harus mencapai level 2.

Minggu 3 (14, Spring)

Dr. Hope mengatakan bahwa butuh waktu lama untuk memperbaiki battlebot. Lalu, Gayak datang dan memintamu untuk menanam beberapa crops/tanaman pertanian dan memberimu 3 seed bags. Sekarang, kamu sudah memiliki 6 seed bags. Resep minggu ini:

Sushi (need fish [at Summer])
- Sushi Plate
- Sushi Master's Plate

Sandwich
- Normal Sandwich
- Yummy Sandwich
- BLT Sandwich
- Fruit Sandwich

Minggu 4 (21, Spring)

Kamu mendapat “Grain Key” dari Dr. Hope, setelah itu, kamu bisa membuka pintu cave#1 dengan kunci tersebut. Di dalam gua kamu akan menemukan batu-batu yang dapat kamu hancurkan dan blue chest/ peti biru yang berisi benda-benda langka. Lihat bagian Efek Stone dan Jewel. Resep minggu ini:


Stew
- Instant Stew
- Beef Stew
- Chunky Beef Stew
- Beef Stew with Wine

Curry and Rice
- Instant Curry
- Curry Rice (Mild)
- Curry Rice (Medium)
- Curry Rice (Spicy)


Minggu 5 (28, Spirng)

Hari ini adalah Spring Festival. Pergi ke Dr. Hope seperti biasanya. Marcia akan menjemputmu pergi ke Spring Festival. Di tengah perjalanan Marcia melihat sesuatu yang aneh yaitu Nature Sprites, peri yang pernah kau temui. Katakan “Yes” jika dia bertanya apakah kamu pernah melihatnya sebelumnya. Kemudian, kalian kembali meneruskan perjalanan. Bicara pada semua orang ketika festival. Semua akan senang tergantung berapa banyak jenis crops yang kau panen (baiknya kau sudah memanen semua jenis Spring Crops, maka Gayak akan memujimu). Resep minggu ini:

Vegetable Juice
- Leftover Green Veggie Juice
- Leftover Red Veggie Juice
- Mixed Vegetable Juice
- Red Vegetable Juice
- Green Vegetable Juice
- Tomato Juice (only worked in summer for me)

Fruit Juice
- Fresh Juice
- Yogurt Smoothie
- Soy Milk Mix
- Kale Juice (You must have grown kale in winter to make this.)

Catatan: Beberapa hari setelah festival, Marcia akan datang ke kamarmu dan membangunkanmu. Dia mengatakan, bahwa ada kucing liar di sekitar jembatan (Sebenarnya letak kucing itu ada di timur pohon telepon) yang kesepian dan tidak ada yang dapat merawatnya. Bicara pada kucing itu setiap hari selama 3 atau 4 hari. Kucing itu akan bertambah jinak padamu dan kaupun bisa mengadopsinya. Beri nama dan dia akan tinggal di Ruins.

Minggu 6 (35, Spring)  

Battlebot sudah diperbaiki, beri nama dan dia bisa membantumu memberantas hama, menyirami tanaman, menjual batu dan kayu, dan lain-lain. Tetapi, lebih baik tingkatkan dulu level peralatanmu. Max akan datang ke kamarmu dan mengatakan bahwa jembatan sudah diperbaiki. Sekarang, kamu dapat masuk ke cave#2. Di dalam gua tersebut, kamu dapat menemukan 2 Yellow Jewels dan 2 Blue jewels.

-   Sekarang, buka ladang baru dengan 4 Yelllow Jewels milikmu (tempatkan di altar di sudut-sudut ladang) kemudian tidur. Besoknya ladang itu akan terbuka dan kamu dapat masuk ke pintu kuning yang ada di cave#2. Di pintu itu kamu dapat menemukan 1 Blue Jewel. Buka ladang baru lagi dengan 4 Blue Jewels milikmu.
-   Setelah ladang biru terbuka, kamu juga dapat pergi ke barn (lantai 2) tempat kamu menempatkan ternakmu. Bicara pada Jonathan dan dia akan memberimu robot chiken (dan kamu bisa membeli ayam), bicara lagi padanya kamu dia akan memberimu robot sheep (dan kamu bisa membeli domba), bicara lagi padanya dan dia akan memberimu robot cow (dan kamu bisa membeli sapi. Kamu dapat membelinya dengan memesannya di World Ranch Channel TV.
-   Dibagian kiri Ruins Entrance kamu dapat memmbuka pintu biru yang berisi vending machine. Kamu bisa membeli bibit atau rail disana.
-   Jika kamu pergi ke ujung cave#2, kamu akan mendapati badai telah berhenti (karena sudah meng-unlock ladang biru) dan kamu dapat menjelajah tempat yang lebih luas lagi. Kamu juga bisa bertemu dengan Fisherman dan memancing dengannya. Jika kamu menemukan sebuah pondok, masuklah dan kamu dapat bertemu dengan Hermit. Bicara padanya dan cave#3 akan terbuka (Letaknya di bagian barat cave#2) di cave#3 kamu dapat menemukan:

 3 Red Jewels
 1 Blue Jewel
             1 Yellow Jewel
             1 Purple Jewel
             Master's Hoe (level 2 Hoe)
             Master's Axe (level 2 Axe)
             Volcano Sickle (level 2 Sickle)
 2 Earth Power Sand

-   Setelah membuka 2 ladang baru kamu akan mendapat GO-Kart! Atau motor ATV. Letaknya ada di depan ruins.

Resep minggu ini:

Boiled Fish
You must catch a fish in order to make any of these.
- Fishy Boiled Fish
- Boiled Fish
- Tasty Boiled Fish
- Boiled Flounder

Boiled Vegetables
- Instant Meat and Potatoes
- Meat and Potatoes
- Boiled Chicken and Taro
- Boiled Vegetables

Pot-au-feu
- Instant Pot-au-feu
- Pot-au-feu
- Chicken Pot-au-feu
- Cabbage Roll Pot-au-feu

Spaghetti
- Overcooked Spaghetti
- Instant Meat Sauce
- Spaghetti with Meat Sauce
- Garlic Spaghetti
- Spaghetti Carbonara
- Spaghetti with Eggplant (autumn with eggplant shipped)

Minggu 7 (7, Summer)

Mayor datang ke rumah Dr. Hope membicarakan robot (kamu) yang dibuat olehnya. Tak sengaja, Marcia mendengar pembicaraan mereka dan baru mengetahui bahwa kamu adalah seorang android. Meskipun ia sedikit sedih, tetapi ia tetap senang karena sudah menjadi temanmu selama ini. Resep minggu ini:

Omelet
- Clumsy Omelet
- Omelet
- Cheese Omelet
- Potato and Bacon Omelet
- Fluffy Plain Omelet

Salisbury Steak
- Beginner's Salisbury Steak
- Burnt Salisbury Steak
- Salisbury Steak
- Healthy Salisbury Steak
- Mushroom Salisbury Steak (harvest a few varieties of mushrooms)

Minggu 8 (14, Summer)

Kamu mendapat peliharaan baru. Anjing Gayak, Chocola melahirkan anak anjing. Dan Gayak memberikanmu satu. Resep minggu ini:

Grilled Fish
You must catch a fish in order to make any of these.
- Burnt Fish
- Grilled Fish
- Perfectly Grilled Fish
- Salt Grilled Mackerel

Steak
- Tasteless Overcooked Steak
- Steak
- Plain Grilled Steak
- Garlic Steak

Minggu 9 (21, Summer)

Masami datang ke rumah Dr. Hope dan mengatakan bahwa rumor tentang meletusnya gunung berapi itu benar. Ia mengatakan terdapat 3 Sprites (Air, Api, dan Hutan)sedangkan yang membuat gunung berapi akan meletus adalah kemarahan Sprite Api. Dan yang hanya bisa menghentikannya adalah hanyalah kekuatan Sprites Air. Kemudian dia akan memberimu sebuah Red Jewel.

-   Sekarang, buka ladang baru dengan keempat Red Jewelsmu. Masuklah ke pintu merah (letaknya di dalam ruins entrance) kamu akan menemukan:
3 Orange Jewels (2 di PS2)
3 Red Jewels
1 Green Jewel
1 Purple Jewel (2 di PS2)
Angel ribbon (Berikan pada Emma untuk menyelesaikan Liberta Dictionary)
999 (berikan pada Jessica untuk mendapatkan Red Jewel, PSP)
Easter Hammer (level 2 Hammer)
Water Crest (berikan pada Hermit)
-   Berikan Water Crest pada Hermit, dia akan memberikanmu Forest Crest. Kemudian pergi ke Mermaid dan bicara padanya (dia tinggal di danau Mermaid Bank Lake, letaknya di barat atau di tempat tumbuhnya pohon-pohon pepaya). Pergilah ke tepi danau dan tekan segitiga. Dia akan keluar dengan wujud seperti siluman. Dia akan menghilangkan kabut tebal yang menutupi jalan di Mist Forest di cave#3.
-   Pergilah kesana. Kamu akan menemukan 3 Nature Sprites/peri dan bicara pada mereka. Bicara lagi pada Mermaid dan dia akan memberikan clue/petunjuk untuk menanam beberapa poinsettia saat Winter (20 cukup, tetapi lebih banyak lebih banyak keuntungan).

Catatan: Di hutan itu, kamu akan menemukan banyak peti, tetapi hanya beberapa yang bisa dibuka, seperti yang berisi Monsoon Watering Can yaitu penyiram level 3. (Kamu harus sudah bisa mengunakannya, karena penting untuk menanam poinsettia saat Winter. Jika tidak, kamu harus mengulangi game ini di tahun ke-2. Resep minggu ini:

Roast Beef
- Plain Grilled Beef
- Roast Beef
- Roast Beef with Herbs
- Roast Beef with Teriyaki

Macaroni and Cheese
- Instant Mac&Cheese
- Lumpy Mac&Cheese
- Bacon Mac&Cheese
- Broccoli Mac&Cheese
- Shrimp Mac&Cheese

Pizza
- Frozen Pizza
- Pepperoni Pizza
- Four Cheese Pizza

Minggu 10 (27, Summer)

Sebuah bencana terjadi ketika Bank Company menggarap sebuah kontruksi di dekat gua, tempat festival berlangsung. Masuklah ke gua itu dan kamu akan melihat asap gunung berapi dimana-mana.

-   Kamu akan melihat patung di gua itu telah bergeser, dan kamu bisa melihat sebidang tanah tandus berukuran 5x5 petak. Gunakan Earth Power Sands milikmu untuk menggemburkan tanah tersebut. Jika kamu kehabisan Earth Power Sands, kamu dapat bicara pada Gallion dan dia akan menjual Earth Power Sands di tokonya.
-   Lalu, tanam beberapa tanaman herbal (Rosemary dan Lavender) (hanya dijual di vending machine di ruins).

Catatan: Kesalahan utama gamers biasanya lupa untuk menanam tanaman herbal itu. Sehingga mereka harus mengulanginya di tahun ke-2, karena di tahun pertama, tanaman itu hanya di jual pada saat Summer. Resep minggu ini:

Bread
- Instant Bread
- Fresh Baked Bread
- Fresh Baked Raisin Bread
- Walnut & Almond Bread

Cake
- Mediocre Cake
- Shortcake
- Fruit Tart
- Chocolate Special (after Christmas party)
- Flower Special (after Christmas party)

Minggu 11 (35, Summer)

Kucing Dr. Hope hamil. Ia tidak menyangka bahwa selama ini kucing yang dikiranya sakit, ternyata hamil.

Catatan: Jangan memanen Porcini Mushroom. Yaitu jamur langka yang payungnya bewarna coklat tua kemerahan. Karena, jamur itu akan dibutuhkan pada saat kontes memasak. Jamur itu hanya dapat ditemukan di Eastern Mushrooms Forest.

Minggu 12 (7, Autumn)

Kucing Dr. Hope melahirkan. Kamu dapat memilih salah satu dari kedua kucing tersebut. Sayangnya, induk kucing tersebut mati ketika melahirkan mereka. Marcia akan datang dan menangis karenanya. Pada saat event itu, kamu mulai mengerti apa arti perasaan orang lain. 

Catatan: Altar yang dipasangi Jewels di ladangmu akan melayang. Kamu bisa mengganti altar itu dengan Jewels yang lain.

Minggu 13 (14, Autumn)

Kontes memasak segera tiba. Bicaralah pada Nana dan dia akan memintamu untuk mencarikan 100g Porini Mushroom. Kamu dapat mendapatkannya di Eastern Mushrooms Forest.

Minggu 14 (21, Autumn)

Kontes memasak dilaksanakan minggu depan. Segera berikan jamur itu pada Nana.

Minggu 15 (27, Autumn)

Sebelum pergi ke Dr. Hope, pergilah ke kontes dulu di bar (jika tidak, yang memenangkan kontes itu adalah Dorothy). Kamu akan mendapatkan beberapa Earth Power Sands dari Max karena sudah membantunya memenangkan kontes itu. Setelah itu, pergilah ke Dr. Hope. Dia akan sangat terkejut ketika tahu bahwa Nana menang karena bantuanmu.

Minggu 16 (35, Autumn)

Bicara pada Dorothy, dia akan memintamu untuk membantunya utuk membuat kue pada malam natal 23, Winter. kamu dapat membantunya jika sudah menyelesaikan kesemua episode dari Cooking Life Chanel.
  • Winter! ganti air di penyiramu dengan Spirit Water. Spirit Water adalah, air yang diminum ternakmu. Kemudian, siram ke seluruh ladangmu. Es yang menutupi ladangmu akan mencair.
  • Bicara pada Masami, dia akan memintamu untuk menanam 20 Poinsettia (Sesuai clue Mermaid) untuk merayakan pesta natal.
  • Bicara pada Gallion, dia akan memberimu 20 bibit Poinsettia gratis.

Minggu 17 (7, Winter)
Tak ada yang baru.
Minggu 18 (14, Winter)
Tak ada yang baru.
Minggu 19 (21, Winter)
 Tak ada yang baru.

Selasa (23, Winter). Malamnya (20:00-23:00), pergi ke Town Hall untuk membantu Dorothy memasak. Orang-orang akan kagum dengan apa yang kamu lakukan, terutama Dr. Hope yang hadir dalam pesta tersebut. Marlene akan memberimu Seed Bag (Seharusnya, kamu sudah memiliki 8 Seed Bags sejauh ini). Diperjalanan, tiba-tiba Dr. Hope terjatuh. Kemudian, datanglah Nature Sprites kuning. Dia mengatakan bahwa dia memiliki kenangan yang baik tentang orang tua Dr. Hope. Dan sepertinya, kebaikan mereka telah diturunkan pada anaknya. Kemudian, ia mencoba untuk menyembuhkan Dr. Hope. Tetapi itu tak bertahan lama, karena tubuh Dr. Hope sudah terlalu lemah. Sehingga ia memintamu untuk memberikan saat-saat terbaiknya sebelum ia tiada. Setelah membawa Dr. Hope ke kamarnya, Vita akan memintamu untuk segera menyelamatkan kota dari kemarahan Sprites Api.
  • Pergi ke Mist Forest di ujung gua di cave#3 dengan membawa Forest Crest (Baiknya kamu juga membawa tenda, karena ini akan menjadi perjalanan yang lama). Kamu akan bertemu dengan 3 Nature Sprites. Bicara pada mereka dan mereka akan membuka jalan yang tertutup.
  • Kemudian, mereka akan menjelma menjadi pohon raksasa yang menuntunmu ke jalan yang lain (Mulailah menelusuri untuk mendapatkan peti-peti biru). Masuklah dan kamu akan menemukan puzzle dengan wujud 4 kotak kecil. Kuncinya, kamu hanya harus mengurutkan 4 kotak itu sesuai dengan 4 musim yang kau jalani. (Jika salah, pergi ke tempat yang lain, dan pergi lagi ke tempat puzzle, PS2) 
  • Terakhir, kamu akan disambut oleh Hermit. Dia akan bercerita bahwa jauh sebelum kamu ada,  Water Crest telah dicuri sehingga Sprites Air tidak dapat meredam kemarahan Sprites Api. Dan hanya manusia lain yang bisa mengembalikan Water Crest ke altarnya. Setelah meletakkannya, Sprites Air akan sangat berterimakasih karena sudah mengembalikan kekuatannya. Dia juga akan membuka jalan rahasia yang ada di East Lake.
  • Kembali lagi ke Mist Forest, peti-peti biru yang disegel, kini dapat kamu buka. Selama perjalanan, kamu akan menemukan:

    6 Blue Jewels
    3 Green Jewels
    3 Red Jewels (4 di PS2)
    1 Orange Jewel (2 di PS2)
    1 Purple Jewel
    Giant Axe (Level 3 axe, dapat membuat giant wood/ kayu raksasa)
    Earth Hammer (Level 3 hammer)
    Enchanted Hoe (Level 3 hoe)

  • Buka ladang hijau dan oranye (hijau dan ungu di PS2). Masuk ke pintu hijau di cave#3. Telusuri tempat itu dan kamu akan menemukan:

    4 Yellow Jewels
    3 Purple Jewels
    4 Red Jewels
    2 Orange Jewels
    Flame Sickle (level 3 sickle)
    Fire Crest (Curi dari altar)
  • Sekarang, buka ladang ungu (oranye di PS2). Pergi ke lubang besar, tempat jalan rahasia di East Lake. Kamu akan menemukan 2 Blue Jewels. Sebelum pergi ke tengah, pergilah ke ujung kanan dan lompat ke dalam. Telusuri jalan itu dan kamu akan menemukan:
         1 Yellow Jewel
         1 Blue Jewel
         Cool Pins (Berikan pada Million sebelum pergi ke lubang besar)
  • Telusuri dan kamu ternyata berada di cave#2. Kembali ke jalan rahasia, dan letakkan Fire Crest ke tengah tempat itu. 
Sprites Api tiba-tiba datang dan semakin marah dengan apa yang kamu lakukan. Kemudian, Sprites Air akan datang  dan menghalaunya dengan menasehati Sprites Api. Sprites Api lalu sadar dan berterimakasih padamu karena telah menyadarkannya. Kemudian, kalian akan diberi penghargaan oleh mayor karena sudah menyelamatkan kota. Setelah itu, kalian akan berada di kamar Dr. Hope dan melihatnya dalam keadaan yang sudah sangat parah. Tetapi, ia sangat senang karena akhirnya kamu dapat menyelamatkan kota, dan akhirnya iapun mati. Suatu keajaiban muncul, kamu menitihkan air mata dan kemudian menagis pada saat itu. (Selamat! Kamu telah memenangkan game ini).

Tapi tunggu, cerita masih berlanjut.
  • Pergi ke tempat kontruksi Marco. Telusuri, dan kamu akan menemukan ladang yang sangat luas.  Selamat datang di Tantangan 1000 (5000 di PS2) Tanaman! Sprites Api akan datang datang dan memberimu tantangan. Kamu diharuskan memanen 1000 (5000 di PS2) hasil tani selama 2 tahun (1 tahun di PS2). Jawab "No" kemudian "Yes". Jika kamu menang, kamu akan mendapatkan ladang ini. Tidak ada robot pembantu disini, keranjang, maupun rel. Kamu juga tidak boleh menanam bunga atau tanaman herbal disini.
  • Sebelumnya, Dr. Hope telah menciptakan sebuah Life Arms yang otomatis akan dipasang di setiap keranjang (total ada 14 Life Arms). Dapat memanen tanaman dengan menyedot 5 petak sekaligus.
  • Pergi ke pintu Oranye di Ruins, disana terdapat Pink Mask, yaitu orang aneh yang menjual beberapa produk-produk dari Pink Mask Coorporation. Beberapa tidak berguna tetapi Shiny Coat (198G) dan Mother's Touch (48900G) mungkin berguna. Shiny Coat dapat membuat kamu bisa berinteraksi dengan ternakmu 2x sehari. Sedangkan Mother's Touch dapat Meningkatkat hasil panen 10% lebih mahal dari biasanya.
  • Tanggal 22, Autumn, tahun kedua, Sharon akan memintamu untuk mencarikan Black Truffle, jamur yang payungnya bewarna hitam. Letaknya ada di South Mushroom Forest. Jamur itu hanya akan muncul jika Sharon sudah memintamu. 
Informasi tambahan.
  1. Total terdapat 8 Seed Bag pada akhir tahun pertama. Cukup untuk membawa 800 bibit.
  2. Total permata yang bisa dikumpulkan 10 Yellow Jewels, 14 Blue jewels, 14 Red Jewels, 4 Green Jewels, 6 Orange Jewels, 6 Purple Jewels.
Minggu 19 dan seterusnya

Tak perlu lagi mengunjungi Dr. Hope. Sisa-sisa hari kuhabiskan dengan menyelesaikan tantangan dan berinteraksi dengan para penduduk (Ingin mengungkap misteri tentang Becky, bisa nikah apa nggak?), menyelesaikan Liberta Dictionary, dan lain-lain.

{ 9 komentar... read them below or Comment }

  1. kalo mau ngisi dictionary supaya lengkap gimana yah ????

    BalasHapus
  2. tanya terus ke liberti

    BalasHapus
  3. Saya bingung tentang event pas waktu di bangunin marcia .

    Kan saya sudah coba sampai event pas waktu di bangunin marcia tapi saya enggak mengalami event itu .

    Tolong berikan saran .

    BalasHapus
  4. Tolong beri saran lewat email saya

    BalasHapus
  5. thank"s sob sarannya, :) (y)

    BalasHapus
  6. sindi ayudia pama4 April 2013 pukul 10.50

    mantab sob :) makasih banyak ya..

    BalasHapus
  7. Beneran bisa nikah ga?

    BalasHapus
  8. Ada yang tahu beli ps2 hardisk dimana dan berapa ga?

    BalasHapus

Sharing Is Caring.. Mohon Masukan, Kritik, dan Sarannya...

- Copyright © 2012 Sagasano -Shinpuru v2.3- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -